• February 26, 2024

Yuk, Cari Tahu Perbedaan Warna ASI dan Artinya

Halo Sahabat Sehat! Air susu ibu (ASI) adalah sumber zat gizi terbaik untuk bayi, yang bisa membantu perkembangan kognitif, motorik, dan emosional. Selain itu, ASI juga mengandung antibodi yang bermanfaat untuk melindungi bayi dari infeksi dan penyakit.

Apa arti warna ASI yang berbeda?

Sahabat Sehat, warna ASI ternyata bisa bervariasi dan memiliki arti tertentu, loh! Berikut ini beberapa contoh dan penjelasaanya.

warna asi
Foto: Freepik.com

ASI berwarna kuning pucat

Biasanya merupakan tanda bahwa ASI tersebut adalah colostrum, air susu pertama yang diproduksi selama beberapa hari pertama (maksimal hari ke-5) setelah melahirkan. Colostrum kaya akan protein, antibodi, dan zat gizi yang sangat penting untuk bayi baru lahir.

ASI berwarna putih susu

Warna ASI yang paling umum adalah putih susu, yang mungkin memiliki sedikit variasi warna kuning, biru, atau kehijauan tergantung pada makanan yang dikonsumsi ibu. Ini adalah warna normal dan mengindikasikan bahwa ASI tersebut mengandung zat gizi yang seimbang.

ASI berwarna pink atau merah

Jika ASI berwarna pink atau merah, hal ini bisa disebabkan oleh konsumsi makanan dengan warna merah atau pink, seperti buah bit atau strawberi. Namun, warna ini juga bisa disebabkan oleh adanya darah dalam ASI. Jika kamu merasa khawatir, konsultasikan dengan dokter.

ASI berwarna hijau

Biasanya, ASI yang berwarna hijau disebabkan oleh konsumsi makanan dengan warna hijau, seperti bayam atau alga. Ini adalah variasi warna yang normal dan ngga perlu dikhawatirkan.

ASI berwarna cokelat atau kehitaman

Warna ini mungkin disebabkan oleh adanya darah yang sudah tua dalam ASI atau konsumsi obat-obatan tertentu. Kamu juga bisa bertanya kepada praktisi kesehatan mengenai hal ini.

asi
Foto: Freepik.com

Faktor yang berkontribusi

Adapun penyebab berubahnya warna ASI dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni ibu mengonsumsi makanan dan atau minuman yang mengandung (1) pewarna buatan; (2) kaya beta carotene (wortel, labu kuning); (3) sayuran hijau; (4) minuman bersoda; (5) obat-obatan atau suplemen; dan puting ibu mengalami lecet atau air susu ibu yang beku.

Kapan perlu ke dokter?

Kamu perlu mengunjungi dokter jika ASI berwarna kemerahan atau merah muda yang ngga kunjung membaik. Puting lecet atau pecah pada pembuluh darah kapiler biasanya sembuh dalam beberapa hari, di mana ASI kembali ke warna normal.

Jika produksi ASI berwarna merah atau merah muda berkelanjutan, ini bisa menandakan adanya masalah lain, seperti infeksi payudara atau kanker payudara. Kamu disarankan berkonsultasi dengan dokter jika ASI hitam atau coklat untuk memastikan obat dan suplemen aman dikonsumsi saat menyusui.

Sahabat Sehat, penting untuk diingat bahwa variasi warna ASI biasanya ngga menunjukkan masalah kesehatan dan merupakan hal yang normal. Namun, jika kamu memiliki kekhawatiran atau pertanyaan terkait warna ASI, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau konsultan laktasi.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Ballard, O., et al. 2013. Human Milk Composition: Nutrients and Bioactive Factors. Pediatric Clinics of North America, 60(1), 49-74.

Hassiotou, F., et al. 2015. Anatomy of the human mammary gland: Current status of knowledge. Clinical Anatomy, 26(1), 29-48.

Perrin, M. T. 2018. Milk Composition: What’s in Your Milk?. Clinical Lactation, 9(1), 29-34.

Lawrence, R. A., et al. 2018. Breastfeeding: A Guide for the Medical Professional. Elsevier Health Sciences.

“The Color of Breast Milk and How It Changes.” Medela, 2023. https://www.medela.com/breastfeeding/mums-journey/colour-of-breast-milk. Diakses 16 Agustus 2023

About the Author

apt. Oktaviany Irma Wiputri, M. Farm. Klin

Clinical Pharmacist, Health Writer, Educator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *