• February 26, 2024

Tips Usir Nyamuk dengan Bahan Alami

Sahabat Sehat, gigitan nyamuk tidak hanya mengakibatkan rasa gatal, tetapi juga berpotensi membawa penyakit serius seperti demam berdarah dan malaria. Walaupun banyak produk untuk mengatasi masalah nyamuk, beberapa orang lebih memilih bahan alami. Selain dirasa lebih ampuh, penggunaan bahan alami juga umumnya lebih aman digunakan. Berikut ini empat bahan alami yang bisa digunakan untuk menjauhkan nyamuk dari lingkungan rumah.

nyamuk
Foto: Unsplash.com

Lavender dan Minyak Kayu Manis

Kombinasi beberapa tetes minyak esensial lavender dan kayu manis dengan air menghasilkan semprotan efektif yang mampu mengusir nyamuk. Kamu bisa menyemprotkan campuran ini pada daerah yang sering dihuni nyamuk, termasuk jendela, pintu, dan sudut ruangan. Bukan hanya bsia manangkala nyamuk, aroma dari campuran ini juga memberikan sensasi menenangkan.

Cengkeh

Aroma khas cengkeh memiliki potensi sebagai penghalang alami untuk nyamuk. Letakkan beberapa cengkeh pada potongan jeruk atau lemon, kemudian letakkan di wilayah yang sering dijadikan tempat singgah nyamuk. Penggunaannya bisa untuk di dalam rumah maupun lingkungan outdoor seperti taman.

Minyak Lemon Kayu Putih

Minyak esensial lemon kayu putih terkenal karena kemampuannya dalam mengusir nyamuk. Dengan mencampurkan beberapa tetes minyak ini dengan minyak kelapa, Kamu bisa mengoleskannya pada kulit. Ini menciptakan lapisan perlindungan alami yang membantu mencegah gigitan nyamuk, sekaligus memberikan keharuman yang menyegarkan.

tanaman lavender untuk usir nyamuk
Foto: Unsplash.com

Tanaman Pengusir Nyamuk

Selain memanfaatkan minyak esensial, penempatan langsung tanaman seperti lavender, kemangi, mint, dan serai di sekitar juga bisa dilakukan untuk mengusir nyamuk. Kamu bisa meletakkan tanaman tersebut di spot yang banyak dihinggapi nyamuk. Keberadaan tanaman ini juga akan memberikan sentuhan hijau yang menyegarkan.

Dengan memanfaatkan bahan alami ini, kamu dapat menciptakan lingkungan yang tidak nyaman bagi nyamuk tanpa perlu mengandalkan “obat nyamuk” yang berisiko bagi kesehatan bila digunakan dalam jangka panjang. Sahabat Sehat bisa mengombinasikan beberapa bahan di atas untuk mendapatkan perlindungan lebih baik.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Muhammad Alif Fiandra

Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *