• March 3, 2024

Teh Omija, Teh Unik dengan Lima Rasa

Teh omija berasal dari Korea Selatan yang terbuat dari sejenis buah beri yang memiliiki lima cita rasa. Buah omija juga memiliki khasiat bagi kesehatan. Simak penjelasannya ini yuk, Sahabat Sehat!

Mengenal teh omija

Teh omija adalah teh yang tidak terbuat dari daun teh melainkan dari buah yang bernama omija yang dikeringkan. Dalam bahasa Korea, omija memiliki arti yaitu berry atau buah dengan lima rasa yaitu asin, manis, pahit, asam dan pedas. Cara pembuatan teh omija dengan seperti teh pada umumnya diseduh dengan air panas. Setelah berubah warna, teh bisa ditambahkan madu maupun gula pasir. Jika kamu ingin minum teh omija dengan lebih cepat, bisa langsung diseduh dengan air dingin.

buah on=mija
Foto: Freepik.com

Buah omija

Buah omija dengan nama ilmiah Schisandra chinensis, buah ini digunakan sebagai pengobatan Tiongkok sejak lama. Buah omija ini merupakan tumbuhan merambat yang tumbuh di hutan wilayah Tiongkok, Korea Utara dan Korea Selatan. Schisandra memiliki 20 spesies, 10 diantaranya ber-genus Kadsura, namun buah omija merupakan buah yang paling umum.

Buah omija terdiri dari tiga bagian. Lapisan terluar adalah pericap, lapisan kedua adalah buahnya dan yang ketiga berupa biji. Bagian pericap yang menghasilkan zat warna antosianin merah.

Kandungan gizi buah omija

Buah omija kaya akan sumber karbohidrat, vitamin, fitosterol, dan asam organik. Kompenen bioaktif dalam buah yaitu lignin atau serat yang terkandung yaitu schisandrin, schisandrin B, deoxyschisandrin dan ɣ-schisandrin B.

Nah, Sahabat Sehat buah omija ini mengandung jenis karbohidrat polisakarida. Juga, mengandung mineral Mg, K, Cu, Fe, dan Mn dengan jumlah lebih dari 15% per 100 gram dari RDI (Recommended Daily Intake).

teh omija
Foto: Freepik.com

Manfaat buah omija untuk kesehatan

Buah omija bermanfaat untuk kesehatan. Di antaranya sebagai antivirus, antibakteri, anti-inflamsi, antioksidan, anti-kanker, imunostimulan, anti-obesitas, hepatoprotekstif dan mengandung adaptogenik (zat alami untuk menangkal stres), serta aktivitas ergogenik (meningkatkan energi).

Nah, Sahabat Sehat buah omija tidak hanya bisa dijadikan teh tapi juga bisa ditambahkan pada makanan hangat korea sebagai bumbu, seperti ditambahkan pada kimchi berkuah, bibimbaptteokbokki maupun dakgalbi. Selain itu, juga dijadikan sebagai perisa pada susu, soju, yoghurt, maupun soda. Selain diolah menjadi minuman, ekstrak buahnya pun digunakan dalam industri kosmetik.

Buat Sahabat Sehat yang suka minum teh namun ingin mencoba teh yang unik dan menyehatkan, kamu bisa coba minum teh omija ini. Selain memiliki keunikan dari segi rasa yang punya sensasi pedas, manfaatnya pun tidak kalah dengan jenis teh lainnya.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Intan, A. E. K., & Zahro, L. 2020. Pharmacological Activities Of Schisandra Chinensis. https://jurnal.ikbis.ac.id/infokes/article/view/385. Diakses 16 Mei 2023.

Pamungkas, P. 2021. Omija Tea. https://www.tribunnewswiki.com/2021/12/09/omija-tea#:~:text=Omija%20dalam%20bahasa%20Korea%20secara,pahit%2C%20pedas%2C%20dan%20asin. Diakses 18 Mei 2023.

Putri, N. R. 2021. Omija, Buah Unik Asal Korea Selatan dengan Lima Cita Rasa. https://kumparan.com/kumparanfood/omija-buah-unik-asal-korea-selatan-dengan-lima-cita-rasa-1rRJzp63cwB/full. Diakses 16 Mei 2023.

Yasmin, P. 2020. Seputar Teh Omija asal Korea yang Mengandung Banyak Khasiat. https://food.detik.com/info-sehat/d-4965659/seputar-teh-omija-asal-korea-yang-mengandung-banyak-khasiat. Diakses 16 Mei 2023.

Zhurba, M., Shelepova, O., Hudz, N., Ivanišová, E., Bieniek, A. A., Antoniewska-Krzeska, A., & Šramková, K. F. (2021). Nutritional value, bioactive components and antioxidant activity of Schisandra chinensis (Turcz.) Baill. leaves. https://www.researchgate.net/publication/356666473_Nutritional_Value_Bioactive_Components_and_Antioxidant_Activity_of_Schisandra_chinensis_Turcz_Baill_Leaves. Diakses 15 Mei 2023.

About the Author

Neta Mustikasari

Mahasiswa ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *