• March 3, 2024

Sindrom Wernicke-Korsakoff Akibat Kurang Vitamin B1

Apakah Sahabat Sehat pernah emndengar tentang sindrom Wernicke-Korsakoff? Sindrom tersebut merupakan kondisi yang disebabkan oleh salah satu faktornya kekurangan vitamin B1 yang dapat menyerang ingatan memori. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu sindrom Wernicke-Korsakoff?

Sindrom Wernicke-Korsakoff adalah kelainan saraf yang disebabkan oleh kekurangan tiamin atau vitamin B1. Sindrom ini memiliki gangguan yang meliputi ensefalopati Wernicke dan sindrom amnesia Korsakoff yang bukan merupakan kondisi yang berbeda tetapi stadium yang berbeda dari penyakit yang sama atau yang lebih sederhananya sindrom Wernicke-Korsakoff itu satu nama namun dua kondisi gangguan yang sering terjadi secara bersamaan.

Sindrom Wernicke-Korsakoff
Foto: Freepik.com

Ensefalopati Wernicke biasanya muncul tiba-tiba, dan memerlukan perawatan segera. Gejalanya meliputi kebingungan, kehilangan koordinasi otot, dan masalah dengan penglihatan. Sindrom Korsakoff terjadi lebih lambat, ini adalah masalah jangka panjang yang terjadi secara berkelanjutan yang merusak bagian otak yang terlibat dengan ingatan.

Gejala sindrom Wernicke-Korsakoff

Tanda-tanda utama ensefalopati Wernicke adalah msalah keseimbangan dan gerakan. Mungkin mengalami tremor kaki, merasa tidak nyaman dan kehilangan minat, kebingungan. Masalah pada mata, penglihatan ganda, kelopak mata terkurai dan mata bergerak dengan cepat. Terjadi masalah pada jantung dan pembuluh darah yang dapat menyebabkan kantuk, pingsan, detak jantung lebih cepat, tekanan darah rendah dan kekurangan energi.

Gejala sindrom Korsakoff biasanya dimulai saat tanda ensefalopati Wernicke mulai menghilang yang diiringi dengan hilangnya memori jangka pendek. Penderita juga mungkin mengalami kehilangan beberapa memori jangka panjang, memiliki dorongan untuk mengatasi cerita, berhalusinasi, sulit menempatkan kata-kata dalam konteks, dan kesulitan memahami atau memproses informasi.

Faktor penyebab sindrom Wernicke-Korsakoff

Kurangnya asupan zat gizi terutama vitamin B1 menjadi faktor risiko terjadinya sindrom ini. Beberapa penyakit yang seperti kanker, AIDS, infeksi serius, gangguan makan, masalah ginjal yang serius, dan operasi penurunan berat badan juga bisa menjadi salah satu pemicu seseorang dapat mengalami sindrom ini.

demensia alkoholik
Foto: Freepik.com

Selain itu, penyalahgunaan alkohol juga menjadi salah satu penyebab utama, sehingga sindrom ini juga disebut sebagai demensia alkoholisme. Faktor lainnya seperti tidak memiliki tempat tinggal (tunawisma), tinggal sendirian, dan memiliki kondisi kesehatan mental lain yang serius juga berpengaruh trhadap kejadian sindrom Wernicke-Korsakoff. Di sisi lain,  presentase laki-laki lebih sedikit daripada perempuan yang mengalami kondisii ini dan umumnya terjadi pada usia 45-65 tahun.

Sahabat Sehat, yuk, kurangi konsumsi alkoholmu dan penuhi asupan vitamin B1 dengan konsumsi pangan seperti daging sapi, kacang-kacangan, hati sapi, dan oatmeal ataupy dengan konsumsi suplemen

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Neta Mustikasari

Mahasiswa ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *