• February 26, 2024

Serba-serbi Manfaat dan Olahan Jamur Tiram

Sahabat Sehat, apakah kamu sering mengonsumsi jamur? Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) merupakan sala satu jenis jamur yang banyak dibudidayakan karena manfaat dan kandungan gizinya. Sifat bioaktif dalam jamur tiram dapat berperan sebagai antibakteri, antioksidan, antikanker, antiinflamasi, anti hipertensi dan lainnya. Mari simak ulasan singat mengenai manfaat jarum tiram berikut ini!

jamur tiram
Foto: Freepik.com

Manfaat dan Kandungan Gizi Jamur Tiram Putih

Menurut Tabel Komposisi Pangan Indonesia (TKPI) kandungan jamur tiram segar (100 gram) mengandung 30 kalori; 1,9 gram protein; 3,2 gram lemak; 5,5 gram karbohidrat; 83 mg fosfor; 0,7 mg besi; dan 226 mg kalium. Selain itu, jamur ini juga mengandung 9 macam asam amino, antara lain lisin, metionin, triptofan, threonine, valin leusin, isoleunsinm histidine, dan fenil alanin.

Melihat kandungan gizinya, banyak banget manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi jamur tiram putih. Salah satunya sebagai menu diet sehat. Kandungan seratnya tinggi yang mampu membuatmu kenyang lebih lama. Kamu bisa mengombinasikannya dengan bahan lainnya untuk melengkapi menu sehat untuk dikonsumsi sehari-hari.

Jamur tiram mengandung senyawa pleuran yang berperan sebagai antioksidan dan mampu menurunkan kolesterol. Selain tiu, kandungan lektin yang ada dalam jamur tiram putih juga dapat berperan sebagai anti tumor, loh! Bahkan, ekstrak etanol dari jamur tiram telah diuji mampu melawan perkembangan sel kanker paru-paru.

olahan jamur tiram
Foto: Pixaby.com

Olahan Jamur Tiram

Selain kaya manfaat, jamur tiram juga cocok diolah menjadi berbagai hidangan. Nah, berikut ini beberapa macam olahan jamur tiram yang bisa Sahbat Sehat coba.

Nugget Jamur Tiram

Biasanya orang-orang membuat olahan nugget dari ikan maupun ayam. Nah, kamu bisa banget nih, menjadikan jamur tiram sebagai bahan dasar untuk membuat nugget. Rasa dan teksturnya ngga kalah loh, dari nugget ayam yang biasanya jadi favorit anak-anak.

Bumbu Penyedap Masakan

Jamur tiram memiliki kandungan asam glutamat yang akan memberi rasa sedap, gurih dan lezat. Kamu bisa mencampurkan jamur tiram agar masakanmu lebih enak, meskipun tanpa penyedap rasa buatan.

Rendang Jamur Tiram

Sahabat Sehat sudah pernah coba rendang jamur tiram belum? Menu ini sangat cocok bagi kamu yang vegetarian. Kandungan protein dan serat yang tinggi dalam jamur tiram sangat baik untuk kamu konsumsi.

Nah, itulah serba-serbi manfaat dan olahan dari jamur tiram. Selain yang disebutkan di atas, masih banyak banget olahan jamur tiram lainnya yang bisa kamu coba, seperti diolah es krim jamur tiram dan topping pizza. Kamu bisa mengonsumsinya untuk menu keluarga, atau mungkin menjadikannya inovasi dalam mnegembangkan bisnis makanan.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Azra, Fajriah dan Parbuntari Hasty. 2023. Jamur Tiram Gizi dan Potensinya sebagai Olahan Pangan Fungsional. Indramayu : Penerbit Adab.

Egra Saat, dkk. 2018. KANDUNGAN ANTIOKSIDAN PADA JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus). Jurnal Unmul, 2(2). https://e-journals.unmul.ac.id/index.php/UJHT/article/view/1549

Ardiansyah dkk. 2022. Pemanfaatan Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) sebagai
Produk Olahan Es Krim. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5 (2). https://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/monsuan/article/view/1157/829.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *