• March 3, 2024

Resah dengan Perut Buncit? Atasi dengan Tips Berikut!

Adakah di antara Sahabat Sehat yang mengalami masalah perut buncit? Bagi sebagian orang yang cuek terhadap penampilannya, perut buncit bukanlah masalah besar. Sebaliknya, kondisi ini bisa bikin resah sebagian orang karena akan mengganggu penampilan dan membuat kepercayaan diri menurun.

Kamu sudah coba membatasi porsi makan, tapi tak kunjung terbebas dari perut buncit? Berikut ini ada tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut buncit.

atasi perut buncit
Foto: Unplash.com

Olahraga Secara Rutin

Seperti menjadi sebuah slogan andalan untuk menjaga berat badan, olahraga adalah ‘kunci’. Begitu juga dalam masalah perut buncit ini, olahraga secara rutin menjadi salah satu opsi mengatasi perut buncit.

Perut buncit adalah salah satu tanda bahwa di area rongga perut terdapat kelebihan lemak visceral yang bersemayam di dalamnya. Biasanya lemak ini akan menumpuk ketika jumlah kalori yang masuk lebih banyak dari yang digunakan untuk beraktifitas. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba untuk melakukan olahraga intensitas sedang seperti berenang, jogging, zumba, atau bersepeda untuk mengurangi timbunan lemak penyebab perut buncit.

Bangun Pondasi dari Portein dan Serat

Selain aktivitas fisik kamu juga perlu untuk membangun pondasi dari dalam tubuh, yakni dengan menjaga asupan protein dan serat. Serat diproses lebih lama sehingga akan membuatmu kenyang lebih lama juga, alhasil porsi makan kamu bisa terjaga.

Seseorang yang terbiasa mengonsumsi makanan atau minuman tinggi protein memiliki lemak di perut yang rendah. Pangan sumber protein tinggi ini banyak ada banget loh Sahabat Sehat. Kamu bisa memilih sesuai selera, mulai dari telur, daging, makanan laut, kacang-kacangan, hingga susu dan produk olahannya. Nah, selain produk hewani, serat juga bisa didapatkan dari sayur, biji-bijian dan buah seperti alpukat, apel, pisang, brokoli, gandum.

mengatasi perut buncit
Foto: Unplash.com

Latihan Ketahanan Tubuh

Latihan ketahanan tubuh merupakan salah satu cara andalan untuk mengatasi perut buncit. Latihan ketahanan bisa dilakukan dengan cara angkat beban, plank, squat, sit up, atau push up. Dengan meningkatkan massa otot, membuat tubuh akan membakar kalori lebih maksimal. Mintalah seseorang yang lebih paham untuk mendampingi kamu supaya gerakan dan posisi yang dilakukan benar sehingga hasil yang diperoleh juga lebih maksimal.

Batasi Makanan Minuman Manis

Makanan dan minuman manis memang menggugah selera, sekaligus digadang memiliki peran dalam menciptakan perasaan happy saat mengonsumsinya. Eits, tapi jangan terlena ya Sahabat Sehat, karena efeknya kurang baik bila porsinya tidak dikontrol.

Mengonsumsi makanan minuman manis yang berlebihan bisa mengakibatkan masalah kesehatan, seperti diabetes, obesitas dan penambahan berat badan, termasuk juga membucitnya bagian perut. So, buat kamu yang ingin mengecilkan perut buncit harus mengurangi konsumsi makanan manis ya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Sahabat Sehat coba untuk mengatasi perut buncit. Selamat berjuang memerangi perut buncit!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Muhammad Alif Fiandra

Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *