• February 23, 2024

Perubahan Cuaca Bikin Anak Mudah Sakit? Terapkan Tips Ini Biar Daya Tahan Tubuhnya Terjaga Baik

Pastikan anak-anak minum cukup air untuk menjaga kelembapan tubuh mereka. Air membantu mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh anak-anak, agar tubuh tetap berfungsi optimal. Air putih juga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan anak. Bila tubuh anak mendapatkan asupan cairan yang cukup, maka sistem pencernaan mereka dapat berfungsi dengan baik .

Tak sampai di situ, minum air putih juga membantu mengeluarkan racun dan limbah dalam tubuh anak-anak, sehingga membantu menjaga kesehatan mereka. Dengan minum air yang cukup, maka juga dapat menghindarkan anak-anak dari dehidrasi. Sebab, dehidrasi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Selain itu, tumbuh kembang mereka juga dapat tetap berjalan dengan baik, bilamana anak-anak cukup terhidrasi.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, secara umum kebutuhan air dalam tubuh anak-anak usia 1-3 tahun sebanyak 800-1.000 ml per hari. Sedangkan pada anak-anak yang berusia 4-8 tahun, kebutuhan air dalam tubuh mereka meningkat menjadi 1.200-1.600 ml per hari. Jumlah kebutuhan cairan ini pun dapat bervariasi, tergantung tinggi dan berat badan anak, umur, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisiknya, serta cuaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *