• February 26, 2024

Peremajaan Kulit: Rahasia Awet Muda dan Sehat

Sahabat Sehat, memiliki kulit yang sehat merupakan sesuatu yang diinginkan oleh banyak orang. Elemen terpenting dari kulit yang sehat adalah bersih dan kencang. Poin plus dari memiliki kulit yang sehat, kamu juga akan terlihat lebih awet muda.

Seiring bertambahnya usia, kulit mulai menunjukkan tanda penuaan seperti kerutan, flek, dan elastisitas yang menurun. Namun, teknologi dan penelitian terbaru dalam bidang dermatologi memberikan berbagai solusi untuk peremajaan kulit, berikut ini di antaranya.

kulit awet muda
Foto: Pexels.com

Perawatan topikal

Produk perawatan kulit yang diberikan dari luar adalah cara pertama yang sering dicoba oleh banyak orang. Krim, serum, dan losion yang mengandung bahan aktif seperti retinol, asam hyaluronik, dan peptida diketahui memiliki efek mengencangkan dan memperhalus kulit.

Terapi laser

Terapi laser adalah metode non-invasif yang menggunakan energi cahaya untuk memperbaiki dan memperbaharui sel kulit yang rusak. Melalui terapi ini, kulit bisa menghasilkan kolagen lebih banyak, yang akan membuat kulit terlihat lebih muda dan kencang.

Microdermabrasion

Microdermabrasion adalah proses pengelupasan kulit dengan menggunakan alat khusus untuk mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit. Prosedur ini membantu mengurangi penampilan garis halus, noda hitam, dan ketidaksempurnaan lainnya pada kulit.

Terapi sinar LED

Sinar LED merah telah terbukti efektif dalam meningkatkan produksi kolagen dan elastin pada kulit. Kolagen dan elastin berperan untuk menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

perawatan kulit
Foto: Freepik.com

Filler dan injeksi botox

Filler dermal dan injeksi botox adalah solusi cepat untuk mengatasi tanda penuaan. Filler digunakan untuk mengisi area yang telah kehilangan volume, seperti pipi dan bibir, sedangkan botox digunakan untuk mengendurkan otot wajah yang menyebabkan kerutan.

Namun, sebelum memutuskan untuk menjalani salah satu dari perawatan di atas, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli estetika. Selain itu, perawatan rumahan sederhana seperti menjaga kelembaban kulit, menggunakan tabir surya setiap hari, dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang juga sangat penting untuk kesehatan kulit Sahabat Sehat.

Meskipun ada banyak metode peremajaan kulit yang tersedia, penting untuk memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan kulit. Kesehatan kulit  adalah cerminan dari kesehatan tubuh secara keseluruhan, jadi jaga diri dengan baik dari dalam dan luar.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

American Academy of Dermatology. (2020). Age-fighting ingredients.  https://www.aad.org/public/cosmetic/younger-looking/age-fighting-ingredients  Diakses 8 Agustus 2023  

Goldberg, D. J. (2012). Lasers and light devices for skin rejuvenation. Seminars in Cutaneous Medicine and Surgery, 31(3), 163-168.

Karimipour, D. J., et al. (2005). Microdermabrasion: a molecular analysis following a single treatment. Journal of the American Academy of Dermatology, 52(2), 215-223.

Calderhead, R. G., & Tanaka, Y. (2017). Photobiological basics and clinical indications of phototherapy for skin rejuvenation. Photo-Medicine in Gynecology & Obstetrics.

American Society of Plastic Surgeons. (2019). Dermal Fillers: The next step in facial rejuvenation.  https://www.plasticsurgery.org/cosmetic-procedures/dermal-fillers Diakses 8 Agustus 2023

About the Author

apt. Oktaviany Irma Wiputri, M. Farm. Klin

Clinical Pharmacist, Health Writer, Educator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *