• November 29, 2023

Peran Dokter dalam Menghadapi Krisis Kesehatan Global

Sahabat Sehat sudah tau belum kalau tanggal 24 Oktober diperingati Hari Dokter Nasional? Supaya kamu dapat mengenal peran dokter lebih dekat, berikut adalah pembahasan mengenai sejarah hari dokter dan peran dokter dalam menghadapi krisis kesehatan global. 

hari dokter nasional
Foto: Freepik.com

Sejarah Hari Dokter

Asal-usul dicetuskannya Hari Dokter Nasional dimulai pada tahun 1911 ketika dilahirkan perhimpunan bernama Vereniging van lndische Artsen yang diketuai oleh dr. J.A.Kayadu. Perkumpulan tersebut kemudian berubah pada tahun 1926 menjadi Vereniging van Indonesische Genesjkundigen (VIG). Pada tahun 1943 VIG dibubarkan dan digantikan oleh Ikatan Dokter Indonesia sebagai perkumpulan dokter dan yang disahkan secara hukum pada tanggal 24 Oktober 1950. Sejak itulah, tanggal 24 Oktober diperingati sebagai Hari Dokter Nasional sekaligus hari lahirnya Ikatan Dokter Indonesia.

Peran Dokter

Dalam menghadapi krisis kesehatan global, dokter memiliki peran yang sangat penting. Mereka bertanggung jawab untuk memberikan perawatan kesehatan yang berkualitas dan memastikan bahwa pasien menerima perawatan yang tepat. Tidak hanya mengobati, tetapi juga melayani konsultasi dengan memberikan informasi, edukasi, dan dukungan kepada pasiennya. Kemudian, dokter juga berperan dalam memberikan perawatan medis yang berkelanjutan sehingga pasiennya dapat kembali sehat dan meningkatkan kualitas hidupnya.

hari dokter krisis kesehatan global
Foto: Freepik.com

Krisis kesehatan global

Krisis kesehatan global merupakan salah satu tantangan paling mendesak yang dihadapi manusia pada era modern ini, beberapa tantangannya yaitu adanya ancaman antimikroba yang menyebabkan ketahanan antibiotik semakin menurun. Selain itu, ketidaksetaraan dalam kesehatan global juga masih menjadi tantangan dalam dunia kesehatan. Krisis ini juga mengungkapkan masih adanya kesenjangan dalam akses perawatan kesehatan dan ketidaksetaraan dalam penanganan kesehatan secara global.

Oleh karena itu, dokter perlu bekerja sama dengan pemerintah dan organisasi kesehatan untuk membuat inovasi dalam menghadapi krisis kesehatan global tersebut. Sekaligus, mampu memastikan informasi mengenai penyakit dapat disebarkan dengan cepat dan akurat kepada masyarakat sebagai bentuk upaya pencegahan.

Nah, sekarang Sahabat Sehat sudah mengenal lebih dekat bagaimana peran penting dokter? Baik dalam menjaga kesehatan masyarakat, maupun memastikan bahwa mereka memiliki sumber daya yang cukup untuk menghadapi krisis kesehatan global.

Referensi

Kemenkes., 2017, Hari Dokter Nasional. https://promkes.kemkes.go.id/?p=8246 Diakses 24 Oktober 2023 pukul 10.35

IDI., 2017, Sejarah IDI, http://www.idionline.org/about/about-idi/
Diakses 24 Oktober pukul 10.15

IDI., 2017, Visi dan Misi IDI,http://www.idibadung.or.id/index.php/page/3/Visi-dan-Misi.html
Diakses 24 Oktober 14.25

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Ratu Vernanda Nur Nazmah Qakti

Mahasiswa S1 Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Teknologi, Universitas Binawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *