• February 24, 2024

Penyebab Tulang Rusuk Terasa Sakit yang Kamu Alami

1. Pleuritis

Rasa sakit pada tulang rusuk dapat dipicu oleh peradangan pada lapisan pleura, yang melapisi paru-paru dan perut. Meskipun pleuritis semakin jarang terjadi berkat antibiotik, jika terjadi, biasanya dapat sembuh sendiri dalam beberapa hari hingga dua minggu. Selain itu, peradangan paru seperti bronkitis juga dapat menyebabkan nyeri pada tulang rusuk.

2. Cedera

Cedera atau trauma pada tulang rusuk dapat disebabkan oleh jatuh, kecelakaan lalu lintas, atau aktivitas olahraga. Jenis cedera meliputi patah tulang rusuk, memar pada bagian rusuk, dan otot rusuk yang tertarik. Jika mengalami sakit pada tulang rusuk setelah cedera, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

3. Kostokondritis

Peradangan pada tulang rawan di rusuk, khususnya pada sendi kostosternal, dapat menyebabkan kondisi yang disebut kostokondritis. Tingkat keparahan nyeri bervariasi, dan dalam kasus yang parah, nyeri dapat merambat ke lengan dan mengganggu aktivitas harian. Beberapa kasus kostokondritis dapat sembuh sendiri, sementara yang lain memerlukan perawatan medis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *