• February 23, 2024

Penyebab Tremor yang Biasa Dialami Oleh Lansia

Fimela.com, Jakarta Tremor adalah gangguan gerakan yang ditandai dengan getaran atau gemetar pada bagian tubuh tertentu. Penyebab tremor bisa bervariasi dari faktor-faktor fisik hingga kondisi kesehatan tertentu.

Salah satu penyebab utama tremor adalah gangguan saraf, termasuk gangguan pada otak, sumsum tulang belakang, ataupun saraf tepi. Gangguan tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti penyakit Parkinson, multiple sclerosis, atau cedera pada saraf.

Tak hanya itu saja, tremor bisa terjadi karena berbagai hal. Berikut berbagai hal yang menjadi penyebab tremor yang perlu diketahui.

Jenis Tremor

Ada beberapa jenis tremor yang umum terjadi.

Pertama, ada tremor essensial, yang juga dikenal sebagai tremor aksion. Tremor ini sering terjadi pada tangan saat sedang beristirahat dan dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari seperti menulis atau memegang sesuatu. Tremor ini sering terjadi pada orang yang berusia di atas 40 tahun dan dapat menjadi lebih buruk seiring bertambahnya usia.

Kemudian, ada juga tremor Parkinson, yang biasanya terjadi pada orang yang menderita penyakit Parkinson. Tremor ini biasanya terjadi saat tubuh sedang beristirahat dan dapat berkurang saat melakukan aktivitas fisik. Selain itu, ada juga tremor orthostatic, yang terjadi saat berdiri atau menahan posisi tubuh tertentu.

Tremor juga dapat terjadi akibat penggunaan obat-obatan, alkohol, atau karena stres. Jenis tremor ini disebut sebagai tremor sekunder. Terdapat juga tremor fisiologis, yaitu jenis tremor yang umum terjadi dan biasanya tidak memerlukan perawatan medis. Tremor ini dapat terjadi saat tubuh sedang beristirahat dan sangat sensitif terhadap cahaya, panas, atau dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *