• February 26, 2024

Penyebab Nyeri Perut Sebelah Kanan yang Tak Boleh Diabaikan

Gangguan pencernaan (dispepsia) biasanya berkembang setelah makan atau minum sesuatu. Nyeri biasanya terjadi di perut bagian atas, meski mungkin masih terasa di bagian bawah. Gejala gangguan pencernaan juga meliputi heartburn, kembung, sakit, sendawa, dan kentut. Gangguan pencernaan ringan akan hilang dengan cepat dan dapat diobati dengan obat yang dijual bebas. Tetapi jika gejalanya menetap selama lebih dari dua minggu maka harus segera periksa ke dokter.

5. Infeksi ginjal

Infeksi ginjal disebabkan oleh bakteri yang biasanya berasal dari kandung kemih, ureter, atau uretra. Kondisi ini bisa menyebabkan sakit perut bagian bawah. Jetidaknyamanan akibat infeksi ginjal juga lebih sering terjadi di punggung, samping, atau selangkangan.

Gejala infeksi ginjal lainnya termasuk demam, panas dingin, mual, muntah, sering buah air kecil, nyeri atau terbakar saat buang air kecil, nanah atau darah di urin, serta urin yang keruh atau berbau tidak sedap.

6. Batu ginjal

Batu ginjal adalah penumpukan mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal. Batu ginjal akan terasa sakit jika mulai bergerak atau masuk ke dalam saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih. Batu ginjal menyebabkan sakit parah di punggung dan samping, di bawah tulang rusuk, dan di seluruh perut bagian bawah dan selangkangan. Intensitas dan lokasi nyeri dapat berubah saat batu ginjal bergeser dan bergerak melalui saluran kemih.

Gejala lainnya termasuk buang air kecil yang menyakitkan, urin merah muda, merah, atau coklat, urin yang keruh atau berbau tidak sedap, mual, muntah, sering buang air kecil, demam dan menggigil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *