• March 1, 2024

Penyebab Nyeri Pada Pergelangan Tangan, Bisa Karena Kondisi Medis Tertentu

1. Trauma

Nyeri pergelangan tangan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu penyebab utamanya adalah trauma. Jika seseorang jatuh dengan posisi pergelangan yang salah, bisa mengakibatkan keseleo atau bahkan patah tulang pada pergelangan tangan. Trauma ini sering terjadi saat olahraga, kecelakaan mobil, atau benturan keras lainnya.

Penyebab pastinya sering sulit dideteksi secara langsung dan mungkin memerlukan waktu agar dapat terlihat melalui X-ray atau pemeriksaan medis lainnya. Oleh karena itu, penting untuk segera mencari pertolongan medis jika mengalami nyeri hebat pada pergelangan tangan setelah trauma.

2. Asam Urat

Kondisi ini sering terjadi sebagai akibat dari peningkatan kadar asam urat yang menumpuk di persendian, termasuk pergelangan tangan, yang menyebabkan rasa sakit dan bengkak.

3. Gerakan Berulang

Gerakan berulang dapat menyebabkan nyeri pergelangan tangan, terutama bagi mereka yang melakukan aktivitas seperti mengetik, menulis, mengemudi, atau bermain golf tanpa istirahat.

4. Osteoartritis

Osteoartritis adalah suatu kondisi yang dapat menyebabkan kekakuan dan pembengkakan pada persendian akibat kerusakan tulang rawan. Kondisi ini dapat terjadi pada individu yang sering mengalami cedera pada pergelangan tangannya.

5. Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid Arthritis adalah kondisi peradangan pada pergelangan tangan yang terjadi sebagai akibat dari gangguan kekebalan tubuh yang menyerang jaringannya sendiri. Kondisi ini umumnya menyebabkan rasa nyeri pada kedua pergelangan tangan.

6. Sindrom Carpal Tunnel

Sindrom Carpal Tunnel ini terjadi saat terdapat tekanan berulang pada saraf median Kondisi ini biasanya akan mengakibatkan tiga jari tangan (ibu jari, telunjuk, dan jari tengah) mati rasa, kesemutan, hingga nyeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *