• February 24, 2024

Penyebab Munculnya Stretch Mark yang Mengganggu Penampilan

Pada dasarnya, mencegah stretch mark sepenuhnya tidak selalu mungkin. Tetapi, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengurangi kemungkinan timbulnya stretch mark, seperti berikut:

1. Menjaga Berat Badan Stabil

Salah satu penyebab stretch mark adalah perubahan berat badan yang drastis. Oleh karena itu, penting untuk menjaga berat badan tetap stabil. Jika sedang dalam program penurunan atau peningkatan berat badan, disarankan untuk melakukannya secara perlahan dan sehat.

2. Menjaga Kadar Kelembapan Kulit

Kulit yang kekurangan kelembapan dapat rentan terhadap peregangan, yang menjadi pemicu stretch mark. Pastikan untuk menjaga kelembapan kulit dengan baik, termasuk minum setidaknya 2 liter air per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Selain itu, kurangi konsumsi minuman berkafein, seperti kopi, yang berlebihan karena dapat meningkatkan risiko stretch mark. Jika sulit mengurangi kafein, seimbangkan dengan meningkatkan konsumsi air putih.

3. Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Kekurangan nutrisi dalam tubuh dapat menjadi pemicu stretch mark. Untuk mencegahnya, pastikan untuk mengonsumsi makanan kaya nutrisi seperti vitamin C, vitamin D, vitamin E, protein, dan zat besi.

Selain mengonsumsi makanan sehat, disarankan juga untuk berjemur di bawah sinar matahari antara jam 8–10 pagi selama 10–15 menit untuk mendapatkan vitamin D alami. Namun, pastikan untuk menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet (UV), dan lakukan pengulangan penggunaan tabir surya setiap 2–3 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *