• February 23, 2024

Penyebab Muncul Benjolan di Leher Sebelah Kanan yang Mengkhawatirkan

Pembesaran kelenjar tiroid

Benjolan di leher kanan bisa disebabkan oleh pembesaran kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau terlalu lambat dapat menyebabkan pembengkakan pada leher dan membentuk benjolan.

Infeksi

Infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri dapat menyebabkan benjolan di sisi kanan leher. Berbagai infeksi virus, seperti HIV, herpes simpleks, mononukleosis, rubella, dan CMV, dapat menjadi penyebabnya. Penting untuk dicatat bahwa infeksi-infeksi ini juga dapat menyebabkan benjolan di leher sebelah kiri.

Infeksi bakteri pada telinga, hidung, dan tenggorokan dapat menyebabkan benjolan di sisi kanan leher. Berbagai infeksi bakteri, termasuk radang tenggorokan, radang amandel, dan TB kelenjar, dapat menyebabkan kondisi ini. Biasanya, antibiotik yang diresepkan oleh dokter efektif dalam mengobati infeksi bakteri.

Gondok

Penyakit ini adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan pembesaran kelenjar tiroid yang tidak normal di leher. Hal ini terutama disebabkan oleh gangguan hormon tiroid atau kekurangan yodium. Benjolan dapat terjadi di kedua sisi leher atau di tengah. Penting untuk tidak meremehkan kondisi ini, karena dapat menyebabkan berbagai gejala termasuk kesulitan menelan atau bernapas, batuk, dan suara serak.

Tumor atau Kanker

Benjolan di sisi kanan leher dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk tumor atau kanker. Meskipun sebagian besar benjolan bersifat jinak, ada kemungkinan tumor ganas, meskipun kejadian ini jarang terjadi. Kondisi seperti kanker tiroid, limfoma, kanker getah bening, dan kanker tenggorokan juga dapat menyebabkan benjolan di leher sebelah kanan.

Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun ditandai dengan sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel dan jaringan yang sehat, alih-alih bertujuan untuk mempertahankan diri dari infeksi, sel kanker, dan agen berbahaya lainnya. Beberapa penyakit autoimun, termasuk penyakit Graves, artritis reumatoid, dan lupus, dapat menyebabkan timbulnya benjolan di kedua sisi leher.

Kista

Kista juga dapat berkembang di sisi kanan leher dan bermanifestasi sebagai benjolan berisi cairan yang biasanya jinak. Namun, jika terinfeksi, kista dapat menimbulkan risiko potensial. Berbagai jenis kista, termasuk kista jerawat, kista ateroma, dan kista sumbing brakialis, dapat menyebabkan terbentuknya benjolan di leher.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *