• February 23, 2024

Penyebab Mata Kabur yang Mengganggu Aktivitas dan Cara Mengatasinya

Kelelahan Mata

Mata yang lelah bisa menyebabkan penglihatan menjadi buram. Ini mungkin terjadi ketika Anda terlalu lama menggunakan komputer, menonton televisi, atau menggunakan handphone. Kebiasaan-kebiasaan ini dapat membuat Anda jarang berkedip, menyebabkan mata menjadi kering, dan penglihatan menjadi buram, terutama jika Anda bekerja di lingkungan yang panas atau ber-AC.

Migrain

Mata kabur juga bisa menjadi salah satu gejala migrain. Perubahan penglihatan yang terjadi selama migrain disebut aura. Selama periode ini, penderita dapat kehilangan sebagian atau seluruh penglihatan untuk sementara waktu, umumnya tidak lebih dari 30 menit. Migrain juga dapat menyebabkan gangguan penglihatan lainnya, seperti melihat kilatan cahaya, bintik-bintik, atau garis bergelombang.

Katarak

Katarak dapat menyebabkan mata menjadi buram karena lensa mata menjadi keruh. Ini biasanya terjadi pada usia lanjut ketika protein di lensa mata rusak, mengakibatkan kekeruhan yang mempengaruhi penglihatan.

Mata Kering

Mata kering merupakan salah satu penyebab umum mata kabur. Pada kondisi mata kering, produksi air mata tidak mencukupi untuk melembapkan dan membersihkan mata dari benda asing. Hal ini dapat menyebabkan iritasi, rasa gatal, dan penglihatan buram.

Kelainan Refraksi Mata

Kelainan refraksi mata dapat menyebabkan mata kabur karena mata tidak dapat fokus dengan baik pada satu gambar. Ada tiga jenis kelainan refraksi mata, yaitu rabun dekat, rabun jauh, dan astigmatisme.

Degenerasi Makula

Degenerasi makula umumnya terjadi pada usia di atas 50 tahun dan memengaruhi bagian tengah retina. Penderita awalnya mungkin tidak merasakan gejala, tetapi seiring perkembangan penyakit, mata kabur, kesulitan melihat dalam cahaya redup, dan bintik-bintik hitam dapat muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *