• February 23, 2024

Penyebab Keputihan Saat Hamil yang Perlu Diwaspadai

1. Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan

Pertama-tama, penting untuk menjaga kebersihan area kewanitaan dengan baik. Mandi setiap hari dengan air hangat dan membersihkan area kewanitaan dengan lembut menggunakan sabun yang tidak mengandung pewangi atau bahan kimia yang keras. Hindari penggunaan douche atau semprotan pembersih kewanitaan lainnya, karena dapat mengganggu keseimbangan bakteri alami di area tersebut.

2. Memakai Pakaian Dalam Katun

Selain itu, memakai pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun juga dapat membantu mengatasi keputihan saat hamil. Bahan katun dapat membantu menjaga kelembaban alami di area kewanitaan dan mencegah pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan. Hindari memakai pakaian dalam yang terlalu ketat atau sintetis, karena dapat membuat area kewanitaan menjadi lembab dan mengiritasi kulit.

3. Makan Makanan Kaya Serat

Selain menjaga kebersihan dan memakai pakaian dalam yang tepat, mengonsumsi makanan yang sehat juga dapat membantu mengatasi keputihan saat hamil. Makanan yang kaya akan serat dan probiotik dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam tubuh. Pastikan untuk mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, yogurt, dan makanan fermentasi lainnya.

4. Konsultasikan ke Dokter

Namun, jika keputihan yang dialami terasa tidak normal, seperti berbau tidak sedap atau disertai dengan rasa gatal atau nyeri, segera konsultasikan dengan dokter. Hal ini dapat menjadi tanda adanya infeksi atau masalah kesehatan lainnya yang perlu diatasi dengan segera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *