• February 24, 2024

Penyebab Kaki Pegal Sebelah Kiri yang Bisa Jadi Gejala Penyakit

Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi bukan hanya menjadi ancaman bagi kesehatan jantung, tapi juga dapat memicu pegal pada kaki sebelah kiri. Menurut studi dari Journal of Neurology yang dikutip oleh Medical News Today, kadar kolesterol jahat yang rendah dapat meningkatkan risiko stroke hemoragik pada wanita di atas 45 tahun. Kolesterol tinggi memiliki kemungkinan untuk menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, yang tidak hanya memengaruhi jantung, tetapi juga dapat memicu nyeri dan ketidaknyamanan pada kaki karena adanya arteri yang tersumbat. Kurangnya pasokan darah dapat menghasilkan sensasi lemas, lunglai, dan nyeri, yang bahkan dapat menjalar ke bagian lain di kedua kaki.

Sakit Jantung

Penyempitan arteri akibat penumpukan plak tidak hanya menjadi ancaman untuk kesehatan jantung, tetapi juga dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap rasa pegal pada kaki, terutama ketika sedang berjalan. Fenomena ini menunjukkan bahwa penanganan kesehatan jantung juga dapat memiliki dampak positif terhadap kesehatan kaki.

Skiatika

Skiatika, suatu kondisi yang melibatkan rasa nyeri sepanjang jalur saraf panggul, mungkin menjadi penyebab utama pegal pada kaki sebelah kiri. Saraf panggul yang terjepit atau tekanan pada area tersebut dapat menyebabkan nyeri yang dapat dirasakan pada bokong dan berlanjut hingga ke kaki. Gejala tambahan seperti sensasi terbakar, kesemutan, kelemahan, mati rasa, dan kesulitan menggerakkan kaki dapat menambah kompleksitas masalah ini.

Deep Vein Thrombosis (DVT)

DVT merupakan salah satu penyebab serius pegal pada kaki. Ketika trombus atau bekuan darah terbentuk dalam vena, terutama di kaki, hal ini dapat menyebabkan nyeri dan pembengkakan di tungkai. Komplikasi serius seperti emboli paru juga dapat muncul jika bekuan darah masuk ke aliran darah dan menyumbat pembuluh darah arteri di paru-paru. Faktor pemicu DVT melibatkan gangguan aliran darah, kerusakan pembuluh darah, atau kondisi di mana darah mudah menggumpal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *