• March 3, 2024

Penyebab Gigi Susu Belum Tanggal Padahal Sudah Dewasa

Persistensi gigi sulung yang tidak ditangani dengan baik dapat berisiko menyebabkan masalah kesehatan, baik pada proses pertumbuhan gigi maupun pada kesehatan gusi dan mulut.

Beberapa masalah utama yang disebabkan oleh persistensi gigi sulung adalah:

Infraoklusi

Infraoklusi adalah kondisi di mana gigi permanen mulai tumbuh di samping gigi susu yang belum tanggal. Hal ini membuat posisi gigi susu lebih rendah dan memiliki bentuk yang berbeda dari gigi permanen yang ada di sebelahnya.

Perbedaan tinggi antara gigi susu dengan gigi permanen dapat menyebabkan komplikasi pertumbuhan gigi lain, seperti gigi tumbuh miring dan tidak sempurna.

Trauma oklusi

Trauma oklusi merupakan kerusakan jaringan di sekitar gigi, seperti gusi dan tulang penyangga gigi, akibat tekanan antargigi yang terlalu kuat. Kondisi ini terjadi karena ukuran gigi susu yang berbeda dengan gigi permanen, sehingga menyebabkan posisi gigi atas dan gigi bawah tidak selaras atau tidak rata.

Diastema

Diastema atau kerenggangan antargigi terjadi akibat ukuran gigi susu yang kecil, sehingga menyebabkan terbentuknya jarak atau celah di antara gigi satu dengan gigi lainnya. Diastema dapat menyebabkan penampilan gigi dan senyum menjadi kurang menarik.

Selain beberapa gangguan perkembangan gigi di atas, persistensi gigi sulung yang tidak kunjung mendapatkan penanganan juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lain, seperti gigi berlubang, infeksi gusi atau periodontitis, dan pengeroposan tulang penyangga gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *