• February 26, 2024

Penyebab Darah Menstruasi Menggumpal yang Harus Diwaspadai

Sebenarnya darah haid yang menggumpal itu merupakan hal yang wajar, apalagi jika terjadi di awal-awal haid. Haid sendiri terjadi ketika lapisan rahim mengalami penebalan untuk mempersiapkan kehamilan. Jika kehamilan tidak terjadi, maka lapisan rahim kemudian meluruhkan darah dan terjadilah pendarahan atau disebut juga dengan haid.

Keluarnya darah yang terlalu banyak ini bisa terlihat seolah-olah menggumpal. Namun hal ini wajar kok. Menjadi tidak wajar kalau gumpalan haid tersebut berukuran besar, kurang lebih 2,5 cm, dan berlangsung selama lebih dari 7 hari. Kalau kamu mengalami hal ini, lebih baik segera konsultasikan kepada dokter agar segera mendapatkan penanganan.

2. Hormon Tak Seimbang

Kondisi lapisan rahim tergantung pada keseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Ketidakseimbangan hormon ini dapat memengaruhi perdarahan saat haid. Perdarahan yang berat memicu terjadinya darah haid menggumpal. 

3. Miom

Miom atau fibroid adalah tumor jinak yang tumbuh di dinding rahim. Kondisi ini bisa menyebabkan perdarahan berat, sehingga memungkinkan keluarnya gumpalan darah saat haid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *