• September 23, 2023

Pentingnya Lingkungan Kerja yang Aman dan Sehat

Tahukah Sahabat Sehat, bahwa tiap 28 April diperingati sebagai World Day for Safety and Health at Work atau Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Sedunia? Peringatan tersebut dicanangkan oleh International Labour Organization (ILO) sejak 2003. Memangnya mengapa keselamatan dan kesehatan di tempat kerja perlu diperhatikan? Simak faktanya berikut ini.

Apa itu Hari K3 Sedunia?

keselamatan lingkungan kerja
Foto: Pexels.com

Hari K3 Sedunia merupakan hari khusus untuk memperingati betapa pentingnya lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi para pekerja. Hal ini didasari dari banyaknya kecelakaan dan penyakit yang muncul atau menyebar dari tempat kerja. Padahal bagi orang dewasa yang sudah bekerja, tempat kerja merupakan salah satu tempat yang paling lama disinggahi dalam kehidupan sehari-hari.

Penyebaran penyakit dan munculnya kecelakaan di tempat kerja tentu akan mempengaruhi kesehatan dan keselamatan para pekerja di lingkungan kerja itu sendiri atau bahkan bisa terbawa ke lingkungan lain, seperti rumah. Bahkan bisa berdampak pada kelangsungan bisnis yang ada juga, loh. Maka dari itu, penting untuk memastikan lingkungan tempat  kerja aman dan sehat. 

Apa yang melatarbelakangi peringatan tersebut?

Sebenarnya 27 tahun yang lalu sudah ada kesadaran mengenai kecelakaan dan penyakit di tempat kerja. Yup, sejak 1996, 28 April sudah diperingati sebagai Hari Peringatan Internasional untuk Pekerja yang Meninggal dan Terluka oleh berbagai serikat pekerja di seluruh dunia.

International Labour Organization (ILO) atau organisasi buruh sedunia, selaku organisasi internasional yang memperhatikan pekerja dan buruh menyadari perlunya langkah khusus untuk mencegah kecelakaan dan penyakit di tempat kerja. Maka dari itu, ILO merumuskan suatu wadah khusus untuk mengadvokasikan keselamatan dan kesehatan di tempat kerja agar topik ini lebih terekspos, dengan menentukan satu hari khusus untuk peringatan. Oleh karena itu, tanggal 28 April ditentukan sebagai Hari K3 Sedunia.

hari keselamatan kerja
Foto: Pexels.com

Apa yang dilakukan pada hari peringatan ini?

Pada hari peringatan ini, ILO mengadakan konferensi khusus yang mengundang para ahli dan konstituen untuk membahas topik ini secara lebih khusus, yaitu untuk membahas penerapan dan implikasi dari prinsip dan hak dasar lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi pekerja dan buruh di seluruh dunia. Hasil dari konferensi diharapkan dapat berupa rumus praktis untuk penerapan K3 bagi pemerintah, pengusaha, pekerja, pelaku kesehatan masyarakat, maupun komunitas. Tentunya menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat bukan tugas ILO semata, tapi membutuhkan peran, komitmen, serta kolaborasi dari pihak lain yang disebutkan sebelumnya. 

Sahabat Sehat dapat berperan dengan turut mematuhi aturan keselamatan dan kesehatan di tempat kerjamu. Apabila ada aspek keselamatan dan kesehatan kerja yang belum terpenuhi di tempat kerja, kamu dapat mengkritisi dan memberikan saran untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan sehat. Contohnya pada masa meningkatnya kasus COVID-19 harian belakangan ini, kamu bisa mengadvokasikan pentingnya menggunakan masker yang baik dan benar di tempat kerja. 

Mari pastikan lingkungan tempat kerja kita aman dan sehat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Selamat memperingati Hari K3 Sedunia, Sahabat Sehat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

United Nations. N,d. World Day for Safety and Health at Work – 28 April. [online]

International Labour Organization. N,d. World Day for Safety and Health at Work 2023. [online]

Rosadi, Doddy. 2023. Hari K3 Sedunia, ILO dan Kemenaker Dorong Kerjasama Multipihak. [online]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *