• February 26, 2024

Nutrition Haircare untuk Rambut Rontok

Pernahkah Sahabat Sehat mencoba beragam jenis sampo tapi hasilnya tetap rontok? Bisa jadi masalah rambut rontok ini justru terjadi karena asupan zat gizi kita yang kurang. Emangnya zat gizi juga berpengaruh ya? Yuk, kenalan dengan nutrition haircare untuk cegah rambut rontok!

rambut rontok
Foto: Pexels.com

Rambut Rontok

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kerontokan rambut, di antaranya karena genetik, hormon, kemoterapi, kekurangan zat gizi dan faktor lainnya. Kandungan kimia utama rambut adalah protein keratin yang terdiri dari asam amino.

Tidak heran mengapa kuantitas dan kualitas rambut berkaitan erat dengan keadaan gizi seseorang karena kecukupan zat gizi salah satu faktor penting dalam mendukung aktivitas folikel rambut. Berikut ini beberapa zat gizi yang memiliki peran penting dalam kesehatan rambut.

Protein

Asupan protein sangat penting dipenuhi untuk memperkuat batang rambut. Rambut membutuhkan asam amino yang merupakan bagian dari protein untuk mendukung pertumbuhan rambut. Diet ketat tanpa protein yang cukup dapat menyebabkan rambut rontok. Protein bisa didapatkan dari lauk nabati seperti tempe, tahu maupun lauk hewani seperti telur ayam, daging sapi, ikan, ayam.

Zat Besi

Zat besi penting untuk penghantaran oksigen ke folikel rambut. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan rambut rontok cenderung memiliki kadar zat besi yang lebih rendah. Zat besi bisa didapatkan dari hati ayam, udang, daging sapi, telur ayam dan lauk hewani dan nabati lainnya. Konsumsi tablet tambah darah juga disarankan bagi perempuan, terutama saat dalam masa menstruasi untuk mencukupi kebutuhan zat besi.

rambut rontok
Foto: Pixabay.com

Zink

Zink adalah mineral yang memainkan peran penting dalam membantu melindungi penyusutan folikel rambut. Salah satu penelitian dalam Indian Journal of Dermatology, menunjukkan bahwa orang dengan kondisi rambut rontok tertentu cenderung memiliki kadar zink yang lebih rendah daripada orang tanpa rambut rontok. Zink dapat diperoleh dari kedelai, tiram, daging sapi serta lauk hewani dan nabati lainnya.

Vitamin D

Vitamin D memainkan peran penting dalam pertumbuhan rambut dan kesehatan folikel rambut. Salah satu hasil studi yang dimuat dalam Advances in Dermatology and Allergology menunjukan bahwa orang dengan rambut rontok cenderung memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah. Vitamin D dapat didapatkan dari ikan, jamur, daging sapi, serta lauk hewani dan nabati lainnya. 

Ternyata selain memilih perawatan rambut yang tepat juga ada kebutuhan gizi yang perlu kita penuhi untuk mendapatkan rambut yang sehat. Yuk cukupi kebutuhan gizimu dan jangan lupa juga tetap lakukan pola hidup sehat ya Sahabat Sehat! 

 

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Trüeb, R. M. (2020). Nutrition for healthy hair: guide to understanding and proper practice. Springer Nature.

Garg, S., & Sangwan, A. (2019). Dietary Protein Deficit and Deregulated Autophagy: A New Clinico-diagnostic Perspective in Pathogenesis of Early Aging, Skin, and Hair Disorders. Indian dermatology online journal, 10(2), 115–124. https://doi.org/10.4103/idoj.IDOJ_123_18

Dhaher, S. A., Yacoub, A. A., & Jacob, A. A. (2018). Estimation of Zinc and Iron Levels in the Serum and Hair of Women with Androgenetic Alopecia: Case-control Study. Indian journal of dermatology, 63(5), 369–374. https://doi.org/10.4103/ijd.IJD_624_16

Tamer, F., Yuksel, M. E., & Karabag, Y. (2020). Serum ferritin and vitamin D levels should be evaluated in patients with diffuse hair loss prior to treatment. Advances in Dermatology and Allergology/Postępy Dermatologii i Alergologii, 37(3), 407-411. https://doi.org/10.5114/ada.2020.96251

Almohanna, H. M., Ahmed, A. A., Tsatalis, J. P., & Tosti, A. (2019). The Role of Vitamins and Minerals in Hair Loss: A Review. Dermatology and therapy, 9(1), 51–70. https://doi.org/10.1007/s13555-018-0278-6

About the Author

Sari Khairinisa

Undergraduate Student in Nutrition, Faculty of Health Science, Siliwangi University

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *