• September 28, 2023

Mengenal Sweetfish yang Mirip Ikan Shisamo

Halo Sahabat Sehat! Apakah kamu pernah mendengar tentang sweetfish? Ikan ini mirip dengan ikan shisamo, mengandung telur tetapi ukurannya lebih besar. Ikan ini juga memiliki aroma segar seperti semangka atau mentimun dengan daging yang memiliki citarasa manis. Apa saja kelebihan ikan ini?

olahan sweetfish
Foto: Flickr/Kazua

Apa itu sweetfish?

Ikan manis atau yang disebut ikan ayu dengan nama latin Plecoglossus altivelis ini merupakan ikan air tawar asal Jepang. Memiliki ciri yang hampir sama dengan ikan shisamo, yaitu tubuh memanjang dengan ukuran 20-30 cm, mulutnya besar, gigi menyala, kedua rahangnya kecil dan berbentuk kerucut pada ikan besar. Sirip punggung yang tinggi, dengan 10-11 hari, sirip ekor dengan 14-15 jari.

Ikan ini tersebar di perairan Hokkaido Barat ke selatan di Jepang, Korea, Taiwan dan Tiongkok. Sweetfish merupakan jenis ikan air sungai dan dapat hidup di air sungai tanpa tercemar.

Kandungan gizi sweetfish

Berddasarkan data dari Fatsecret, dalam 50 gram ikan sweetfish terkndung kalori sebesar 100 kkal, karbohidrat total sebanyak 42 gram, serat sebanyak 28 gram, dan gula sebanyak 3 gram. Selain itu, terdapat pula kandungan sodium sebanyak 70 gram dan potassium sebanyak 10 gram.

Olahan sweetfish

Di Jepang, ikan sweetfish diolah dengan cara yang sederhana. Ikan manis biasanya hanya dibakar dan ditambah sedikit garam yang dikenal sebagai shioyaki. Meskipun simpel, hidangan klasik ini cukup populer, loh!

Lalu, ada olahan lain yang disebut ayu-meshi yang termasuk hidangan populer juga. Ikan manis ini dihidangkan dengan nasi beraroma. Hidangan yang dianggap mewah ini memadukan rasa lembut dari ikan manis dengan nasi kukus.

ayu sweetfish
Foto: Flickr/marccocchio

Manfaat konsumsi sweetfish

Ikan sweetfish dapat dikonsumsi dari kepala hingga ekornya karena tulangnya yang tidak keras mengandung 250 miligram kalsium per 100 gram-nya yang baik untuk tulang. Selain itu juga mengandung protein, vitamin A, vitamin D dan kaya akan  vitamin E yang dikenal dengan sifat anti penuaannya.

Selain itu, penduduk Jepang sudah mengetahui ikan ini merupakan salah satu ikan yang bergizi tinggi, juga bermanfaat untuk pemulihan penyakit dan kelelahan musim panas. Mengonsumsi sweetfish juga dipercaya sapat memperkuat perut, otot dan tulang, sekaligus memberikan manfaat potensial untuk kesehatan hati dan mencegah diabetes.

Sahabat Sehat, bosan dengan makan jenis ikan yang itu-itu saja? ikan manis ini dapat menjadi salah satu pilihan jenis ikan yang dapat kamu pilih untuk dikonsumsi. Disamping itu, kandungan gizinya pun tidak kalah dengan jenis ikan lainnya, serta mengandung banyak telur yang sudah diketahui mengandung tinggi protein.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Neta Mustikasari

Mahasiswa ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *