• March 3, 2024

Mendengar Brown Noise dapat Tingkatkan Konsentrasi?

Sahabat Sehat, apakah kamu pernah mendengarkan Brown noise? Brown noise merupakan suatu yang dihasilkan dari suara alam seperti suara air terjun yang jauh dari atas ke bawah. Katanya, suara ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Apakah itu benar?

Broown noise atau red noise
Foto; Freepik.com

Apa itu Brown noise?

Brown noise adalah salah satu klasifikasi gelombang suara “warna.” Setiap warna mewakili pola frekuensi suara 20 hingga 20.000 hertz. Sinyal suaranya yang berubah secara acak untuk menghasilkan suara statis, dan jenis pola yang tidak menentu yang disebut “gerakan Brown” yang dinamai oleh ahli botani Skotlandia Robert Brown. Brown noise juga disebut “red noise”. Contohnya adalah suara gemuruh yang dalam dari gelombang laut yang menerjang atau guntur yang menggelegar.

Manfaat mendengarkan Brown noise

Meskipun masih membutuhkan penelitian lebih dalam, peneliti telah melihat adanya pengaruh Brown noise dalam mengurangi stres karena dapat menimbulkan respons relaksasi pada beberapa orang. Mendengarkan Brown noise merupakan cara yang baik untuk meredam suara, mengganggu sehingga membantu untuk fokus saat mengerjakan suatu hal.

tingkatkan konsentrasi
Foto: Freepik.com

Suara atau kebisingan yang mengganggu dapat memperlambat atau tidak meningkatkan kinerja memori. Ada satu teori mengatakan bahwa Brown noise dapat memperkuat bagian otak yang menyaring informasi asing, yang disebut penyamaran pendengaran.

Macam-macam colour noise

Selain Brown noise atau red noise, ada juga suara dengan warna lain yaitu pink noise yang disebut suara dalam frekuensi rendah dan juga stabil, contohnya suara ombak laut, suara aliran air sungai dan suara daun terkena angin. Suaranya yang lembut membuat pink noise bisa membantu cepat tidur dan meningkatkan kualitas tidur.

Lalu, white noise merupakan jenis suara yang menenangkan. Suara jenis ini telah terbukti dapat meningkatkan kinerja memori dan kognitif anak dengan ADHD. Contoh suara jenis white noise yaitu suara hair dryer dan bunyi kipas yang berputar.

Selain itu, ada pula black noise yang merupakan keheningan atau tidak adanya suara sama sekali. Namun, sulit untuk tidak mendengar suara apapun.

Sahabat Sehat, Brown noise untuk meningkatkan konsentrasi masih harus diteliti lebih lanjut. Namun, kamu bisa mencoba dengarkan suara ini maupun colour noise yang lainnya saat ingin mendapat manfaat yang di sebutkan di atas.

Referensi

Godman, H. 2022. What Is Brown Noise and What Are the Benefits?. https://health.usnews.com/health-care/patient-advice/articles/what-is-brown-noise. Diakses 24 Juli 2023.

Irawan, A. 2023. Manfaat Pink Noise serta Bedanya dengan White, Pink, dan Black Noise. https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-pink-noise-untuk-bantu-tidur-nyenyak-malam-ini. Diakses 24 Juli 2023.

Nunez, K. 2023. What Is Pink Noise and How Does It Compare with Other Sonic Hues?. https://www.healthline.com/health/pink-noise-sleep#takeaway. Diakses 24 Juli 2023.

Robinson, K., M. 2022. White Noise, Pink Noise, and Brown Noise: What’s the Difference?. https://www.webmd.com/sleep-disorders/pink-noise-sleep. Diakses 24 Juli 2023.

Zahra, A., Rubiyanti, Y., Nurhaliza, A. P., Ahfar, R. N., & Prayoga, J. C. 2023. Pengaruh Brown Noise Terhadap Kemampuan Working Memory. https://www.researchgate.net/publication/372064066_Pengaruh_Brown_Noise_Terhadap_Kemampuan_Working_Memory. Diakses 24 Juli 2023.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Neta Mustikasari

Lulusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *