• March 3, 2024

Manfaat Buah Black Sapote untuk Kesehatan

Black sapote merupakan salah satu buah unik dengan daging buah berwarna hitam. Dibalik bentuk dan warnanya yang unik, ada beberapa manfaat buah black sapote untuk kesehatan, loh! Manfaat ini tidak terlepas dari kandungan gizinya. Apa saja manfaatnya? Baca artikelnya sampai habis, ya!

Apa itu Black Sapote?

Sebelum mengetahui manfaatnya, mari kenalan dulu dengan black sapote. Buah ini memiliki beberapa nama lain yang populer, seperti buah sapote hitam, di Filipina dan Spanyol menyebut zapote negro, ada pula yang menyebut sebagai buah ‘puding cokelat’ karena tekstur, warna dan rasanya mirip dengan puding cokelat. 

manfat buah black sapote
Foto: Pixabay.com

Buah ini termasuk jenis buah klimakterik atau buah yang cepat matang dan rusak. Kulit buah halus berwarna hijau, sementara itu daging buahnya berwarna cokelat kehitaman ketika matang. Cara makan black sapote mudah karena daging buahnya tebal semacam buah naga.  

Buah black sapote berasal dari Meksiko dan Amerika tengah. Memang tidak mudah menemukan di pasaran, tapi buah ini sudah banyak dijual di Indonesia. Harganya juga relatif mahal karena kendala budidaya yang ngga murah dan mudah. 

Apa Manfaat Buah Black Sapote untuk Kesehatan?

Hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah lebih rinci terkait manfaat atau pengaruh konsumsi black sapote untuk kesehatan. Namun, banyak penelitian terkait kandungan zat gizi dalam buah black sapote yang mana gizi tersebut bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Antioksidan untuk Jaga Imunitas Tubuh

Menurut ACS Food Science & Technology (2021), black sapote mengandung senyawa karotenoid, fenolik, vitamin C, serta vitamin E. Sejalan dengan hasil penelitian yang dimuaat dalam Food Research International, dinyatakan bahwa per 100 gram black sapote mengandung total karotenoid sekitar 400 microgram Jiménez-González dan Guerrero-Beltrán pada tahun 2021 juga melansir bahwa per 100 gram black sapote mengandung vitamin C sebanyak 192 mg.

Senyawa fitokimia dan vitamin tersebut merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Dengan begitu, mengonsumsi buah ini mampu menjaga imunitas tubuh supaya terhindar dari berbagai penyakit.

manfat buah black sapote
Foto: Freepik.com

Bantu Jaga Kesehatan Tulang

Selain itu, dalam buah ini juga ada kandungan kalsium sekitar 22 mg yang bermanfaat untuk kesehatan otot jantung. Bersama dengan kalsium tersebut ada  kandungan fosfor sekitar 23 mg yang bagus untuk pemeliharaan tulang dan gigi. 

Black sapote termasuk dalam jajaran buah yang kaya akan kalsium, seperti kiwi, murbei, dan jeruk. Jumlah ini terbilang tinggi bila dibandingakn dengan kandungan kalsium buah lain, seperti alpukat yang hanya 12 mg, apel 5 mg, anggur 10 mg, dan mangga 11 mg. 

Buah black sapote juga tinggi serat sehingga bisa bantu menjaga kesehatan pencernaan, banyak kan manfaatnya? Tubuh butuh beragam zat gizi dari makanan yang juga bervariasi. Oleh karena itu, Sahabat Sehat bisa tambah variasi konsumsi buah dengan black sapote

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Boning, C.R. 2021. Florida;s Best Fruiting Plants. Pineapple Press. https://books.google.co.id/books?id=v0wgEAAAQBAJ&pg=PA45&dq=black+sapote&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&ovdme=1&sa=X&ved=2ahUKEwjK89_KxfH_AhXw4jgGHeVJAaoQ6AF6BAgJEAM#v=onepage&q=black%20sapote&f=false. Diakses 3 Juli 2023. 

Janick, J., E, Robert, Paull. 2008. The Encyclopedia of Fruit & Nuts. CABI. https://www.google.co.id/books/edition/The_Encyclopedia_of_Fruit_and_Nuts/cjHCoMQNkcgC?hl=id. Diakses 3 Juli 2023. 

Jiménez-González, O., & Guerrero-Beltrán, J. A. (2021). Diospyros digyna (black sapote), an undervalued fruit: A review. ACS Food Science & Technology, 1(1), 3-11. https://pubs.acs.org/doi/abs/10.1021/acsfoodscitech.0c00103. Diakses 3 Juli 2023

Yahia, E. M., Gutierrez-Orozco, F., & Arvizu-de Leon, C. (2011). Phytochemical and antioxidant characterization of the fruit of black sapote (Diospyros digyna Jacq.). Food Research International, 44(7), 2210-2216. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0963996910004588. Diakses 3 Juli 2023. 

About the Author

Putri Yulianingtyas

Lulusan Diploma Tiga Gizi, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *