• February 24, 2024

Kenali Menorrhagia, Penyebab Darah Haid Keluar Lebih Lama dan Banyak

Salah satu pengobatan umum untuk menoragia adalah penggunaan obat. Pil kontrasepsi dapat membantu mengatur siklus menstruasi dan mengurangi jumlah pendarahan. Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) seperti ibuprofen juga dapat membantu mengurangi pendarahan berat dan kram. Dalam beberapa kasus, disarankan untuk menggunakan alat kontrasepsi dalam rahim yang melepaskan hormon (IUD) untuk membantu mengurangi pendarahan menstruasi.

Bagi wanita yang tidak merespons baik terhadap obat atau lebih memilih pendekatan non-farmasi, ada juga opsi bedah yang tersedia. Ablasi endometrium adalah prosedur di mana lapisan rahim dihapus atau dihancurkan, menghasilkan aliran menstruasi yang berkurang. Histerektomi, yaitu pengangkatan bedah rahim, merupakan solusi yang lebih permanen untuk kasus menoragia yang parah.

Selain pengobatan medis ini, perubahan gaya hidup juga dapat memainkan peran dalam mengelola menoragia. Makan makanan sehat, menjaga berat badan yang sehat, dan berolahraga secara teratur dapat membantu mengatur tingkat hormon dan meningkatkan kesehatan menstruasi secara keseluruhan. Teknik manajemen stres, seperti yoga, meditasi, atau terapi, juga dapat bermanfaat dalam mengurangi keparahan gejala menoragia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *