• March 3, 2024

Kenali Ciri-Ciri Anak dengan Hemoglobin Rendah

Fimela.com, Jakarta Kesehatan anak merupakan prioritas utama bagi setiap orangtua. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah kadar hemoglobin (Hb) anak.

Dilansir dari Healthline, hemoglobin (HB) merupakan protein yang ada di dalam sel darah merah. Hemoglobin memiliki berbagai peran penting dalam tubuh, salah satunya yaitu mengikat dan mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. 

Ketika kadar hemoglobin anak rendah, bisa menimbulkan masalah kesehatan serius. Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai orangtua untuk mengetahui agar dapat segera mengambil tindakan yang tepat.

1. Kelelahan yang berlebihan

Ciri pertama anak dengan hemoglobin rendah adalah kelelahan yang berlebihan. Jika kamu melihat si kecil tampak lemas, mudah mengantuk, dan sulit untuk beraktivitas seperti biasa, kemungkinan besar ini adalah tanda bahwa tubuhnya kekurangan oksigen akibat hemoglobin yang rendah.

2. Kulit pucat

Pucatnya kulit anak bisa menjadi tanda bahwa kadar hemoglobin-nya rendah. Kulit yang pucat dapat terlihat terutama pada wajah, bibir, dan kuku anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *