• February 26, 2024

Kaki Bengkak Saat Hamil? Atasi dengan Tips Berikut

Kaki bengkak adalah fenomena umum yang dialami ibu hamil. Hal ini normal terjadi, terutama di bagian pergelangan dan jari-jari kaki. Kaki bengkak biasanya terjadi di trimester ketiga akibat penumpukan cairan di area kaki. Meski tidak berbahaya bagi kehamilan, kaki bengkak terasa tidak nyaman dan membuat aktivitas terhambat. Demi kesehatan, segeralah mengatasinya dengan menerapkan beberapa tips berikut!

Makanan yang Mengurangi Kaki Bengkak Saat Hamil

Asupan bergizi sangat penting untuk ibu dan janin. Tak hanya menyehatkan, asupan khusus juga bermanfaat mengatasi berbagai keluhan kehamilan, termasuk kaki bengkak. Inilah aneka jenis makanan yang mampu mengurangi hingga menyembuhkan kaki bengkak saat hamil.

kaki bengkak saat hamil
Foto: Pexels.com

Makanan Kaya Kalium

Kurang terpenuhinya kebutuhan kalium dapat memperburuk pembengkakan, sehingga direkomendasikan mengonsumsi makanan kaya kalium. Terpenuhinya asupan kalium membantu menyeimbangkan tekanan darah hingga menyeimbangkan elektrolit. Kalium juga dapat mengurangi kram pada kaki.

Asupan harian kalium yang disarankan adalah 4700 mg. Sumber kalium meliputi buah-buahan (pisang, alpukat, kiwi, pepaya, tin, tomat kering), sayuran (bayam, peterseli, selada air, kubis, daun bawang), kacang-kacangan (buncis, kacang putih), kentang, dan yoghurt.

Makanan Kaya Protein

Protein membantu mengentalkan darah yang menahan air dan garam di pembuluh darah, sehingga cairan tidak bocor ke jaringan dan menyebabkan pembengkakan, terutama kaki. Cobalah rutin mengonsumsi daging tanpa lemak, unggas, ikan salmon, telur, dan kacang-kacangan. Biji bunga matahari juga bisa dikonsumsi.

Makanan Diuretik Alami

Pembengkakan kaki dapat berkurang jika mengonsumsi makanan diuretik alami yang membantu ginjal melepaskan natrium ke urin, kemudian natrium akan mengeluarkan kelebihan air dalam darah agar tidak mengakibatkan pembengkakan. Makanan diuretik alami mencakup jahe, semangka, lemon, cuka sari apel, tomat, terong, timun, kubis, peterseli, seledri, asparagus, dan buah bit.

Makanan Rendah Garam

Pembengkakan kaki bisa dikurangi dengan mengonsumsi makanan rendah garam. Pasalnya, makanan yang mengandung garam menyebabkan tubuh menahan kadar air berlebih. Sebagai pengganti garam agar masakan tetap lezat, Sahabat Sehat bisa menambahkan rempah.

Minyak Ikan

Minyak ikan adalah sumber utama omega-3, khususnya DHA dan EPA. Selain mendukung perkembangan otak, minyak ikan meningkatkan aktivitas anti-inflamasi dalam tubuh, sehingga mengurangi pembengkakan.

kaki bengkak saat hamil
Foto: Freepik.com

Tips Mengatasi Kaki Bengkak

Selain mengatasi pembengkakan kaki dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan di atas, ibu hamil dapat menerapkan tips berikut. Seiring memperhatikan asupan gizi yang aman, beragam cara ini membantu mempercepat penyembuhan bengkak.

Tinggikan Posisi Kaki Saat Istirahat

Duduk atau berbaring dengan posisi kaki lebih tinggi dapat membantu mengalirkan cairan yang menumpuk di kaki. Cara ini bisa membuat pembengkakan berkurang dan terasa ringan.

 Mengenakan Pakaian Longgar dan Nyaman

Mengenakan pakaian ketat, terlebih di bagian pergelangan kaki, tentu memperburuk pembengkakan. Hal tersebut membuat darah tidak mudah mengalir. Untuk mengatasinya, kenakan pakaian longgar dan nyaman.

Gunakan Sepatu yang Nyaman

Ibu hamil tidak disarankan mengenakan sepatu hak tinggi karena berisiko terjatuh. Tumpuan kaki juga tidak seimbang, sehingga memicu pembengkakan lebih parah, terlebih berat badan ibu hamil semakin bertambah. Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan mengenakan sepatu atau sandal yang datar, ukurannya pas, dan terasa nyaman.

Rutin Berjalan Kaki

Rutin berjalan kaki selama 5-10 menit dalam beberapa kali sehari akan membantu meningkatkan sirkulasi darah. Hal tersebut bermanfaat mengurangi kaki bengkak dan menunjang kesehatan fisik. Berjalan kaki juga membuat posisi kepala bayi berada di bawah, sehingga proses kelahiran lancar.

Berbagai tips di atas sangat membantu mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil.  Selain itu, Sahabat Sehat juga bisa melakukan pijatan dan relaksasi untuk membantu melancarkan peredaran cairan yang menumpuk di kaki dan menyebabkan bengkak. Jika kaki bengkak belum berkurang, maka konsultasikan ke dokter.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Yuan Adelintang Kurniadita

Saya adalah mahasiswi Magister Sains Manajemen, UGM, dan sudah berpengalaman sebagai content writer freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *