• March 1, 2024

Jaga Kekebalan Tubuh Tuk Hadapi Cuaca Tak Menentu

Hai Sahabat Sehat! Sadar ngga sih kalau akhir-akhir ini sedang dihadapkan dengan cuaca yang tidak menentu? Inilah salah satu yang menjadi penyebab seseorang jadi mudah sakit.

Mengapa cuaca yang tidak menentu bisa bikin seseorang mudah sakit? Langkah apa yang perlu ditempuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh? Simak jawabannya di bawah ini!

perubahan cuaca
Foto: Pexels.com

Faktor Penyebab

Ketika cuaca berubah secara tiba-tiba dan ekstrem, tubuh perlu beradaptasi untuk menjaga keseimbangan. Saat suhu turun secara drastis, upaya tubuh untuk menjaga suhu stabil dapat mengganggu sistem kekebalan, membuat seseorang lebih rentan terhadap penyakit dan infeksi.

Lingkungan yang lembap bisa menjadi tempat ideal bagi pertumbuhan mikroba seperti bakteri dan jamur, yang dapat menyebabkan infeksi pada sistem pernapasan atau kulit. Selain itu, pola hujan yang tidak teratur juga dapat menciptakan genangan air dan kelembapan di lingkungan, memfasilitasi pertumbuhan bakteri. Berikut ini tips yang bisa Sahabat Sehat terapkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengonsumsi makanan bergizi

Memiliki asupan gizi yang seimbang dan pola makan yang teratur adalah salah satu hal yang harus terpenuhi dalam menjaga kekebalan tubuh. Ibarat sebuah rumah yang perlu memiliki pondasi yang kokoh supaya dapat tetap kokoh berdiri. Begitu juga dengan tubuh, asupan makanan adalah pondasi bagi tubuh. Saat cuaca tidak menentu, kamu perlu mengonsumsi sumber vitamin dan mineral untuk meningkatkan imun.

Istirahat yang Cukup

Siapa nih, yang suka nge-scroll sosial media hingga larut malam? Jika kamu salah satunya, mulai sekarang yuk batasi kebiasaan ini karena bisa menyita waktu istirahatmu. Tubuh yang sudah memasuki waktu istirahat, kamu paksa untuk tetap “on”. Alhasil waktu istirahat menjadi kurang, sehingga kekebalan tubuh menjadi semakin turun. Perlu diketahui bahwa selama tidur, tubuh melakukan berbagai proses pemulihan dan pembaruan yang penting bagi kesehatan.

berolahraga
Foto: Pexels.com

Rutin Berolahraga

Olahraga tidak wajib yang berat kok. Olahraga ringan saja itu sudah cukup kok asal tetap rutin dilakukan. Dengan berolahraga, dapat memproduksi sel kekebalan tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kualitas tidur juga. Pasti kamu pernah mengalami bukan? Setelah berolahraga, tidur terasa lebih pulas. Namun perlu diingat, hindari berolahraga di luar ruangan siang hari saat matahari lagi terik-teriknya. Jika pun harus siang hari, kamu bisa berolahraga dalam ruangan atau indoor.

Minum Air Putih yang Cukup

Air memiliki peran yang krusial dalam menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. Misalnya dalam membantu mengeluarkan racun dan limbah dari tubuh melalui proses buang air kecil (urine) dan keringat. Selain itu, memastikan tubuh terhidrasi membantu menjaga saluran pernapasan tetap lembab, yang bisa membantu melawan virus dan bakteri yang masuk melalui pernapasan.

Umumnya, konsumsi air yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah sekitar 8 gelas (sekitar 2 liter) per hari. Namun, kebutuhan air setiap individu dapat bervariasi berdasarkan berbagai faktor, seperti aktivitas fisik, kondisi cuaca, dan kondisi kesehatan. Sahabat Sehat dapat mengamati warna urine sebagai indikator hidrasi tubuh.

Itulah tips menjaga tubuh agar tetap prima meski diterjang cuaca yang tak menentu. Selalu jaga kesehatan, Sahabat Sehat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Muhammad Alif Fiandra

Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *