• March 3, 2024

Inilah 4 Manfaat Tersembunyi dalam Olahraga Catur

Ada ngga nih, Sahabat Sehat yang gemar bermain catur? Salah satu cabang olahraga ini sangat mengandalkan taktik dan strategi dalam melangkah. Saat bermain catur, otak dipaksa untuk terus berpikir mencari celah pergerakan lawan hingga bisa menyelesaikan permainan. Tahu kah kamu, dampak positif yang bisa didapatkan dari kegiatan ini banyak banget, loh! Apa aja itu? Yuk simak penjelasan berikut ya.

catur
Foto: Unsplash.com

Mengembangkan Rasa Empati

Apa hubungannya empati dengan bermain catur? Jadi Sahabat Sehat, dalam bermain catur kita sebagai pemain selain harus memiliki taktik andalan kita, kita juga harus bisa memahami pemikiran dan strategi lawan. Ini melibatkan kemampuan untuk melihat dari sudut pandang lawan, memahami langkah yang mereka pilih, dan merasakan reaksi emosional mereka terhadap permainan.

Kemampuan ini dapat membantu seseorang melatih dan mengembangkan empati terhadap orang lain. Kebiasaan memandang sesuatu dari perspektif orang lain inilah menjadi cikal bakal berkembangnya rasa empati. Seseorang akan lebih sensitif karena terbiasa memposisikan diri sebagai orang lain. Memiliki rasa empati yang semakin baik sehingga outputnya menghasilkan hubungan sosial yang sehat.

Meningkatkan Kecerdasan

Seperti yang sudah disinggung di atas tadi, permainan catur adalah permainan taktik. Tentu dampaknya adalah meningkatnya kecerdasan. Catur melibatkan pemikiran logis, perencanaan, analisis, dan pemecahan masalah. Terdapat sebuah studi yang mengatakan bahwa anak yang gemar bermain catur rata-rata memiliki catatan prestasi akademik yang lebih baik daripada yang tidak bermain catur. Tidak hanya kecerdasan secara akademik, melainkan juga kecerdasan secara emosional.

Kok bisa? Kan bermain catur cuma diem-dieman aja? Iya betul, tapi dalam bermain catur kedua pemain harus bisa mengendalikan emosi, menjaga ketenangan supaya tidak gegebah dalam melangkah. Dengan pengelolaan emosi yang baik serta bisa memahami karakter lawan bisa meningkatkan kecerdasan emosional pemainnya.

bermain catur
Foto: Unsplash.com

Meningkatkan Daya Ingat

Catur sebagai permainan strategi, membuat pemain juga dituntut untuk menghafal kombinasi dari beberapa pola strategi. Tidak heran jika pemain catur memiliki keterampilan memori yang kuat. Selama permainan berlangsung, kamu ditantang untuk mengingat langkah yang kamu dan lawanmu ambil sebelumnya.

Meningkatkan Kreativitas

Dalam bermain catur, pemain dituntut untuk selalu menemukan solusi kreatif memecahkan masalah supaya dapat memenangkan permainan. Terdapat banyak pola atau variasi serangan dan bertahan, pemain bisa mengkombinasikannya sesuai kebutuhan permainan. Tantangan yang menjadi kebiasaan ini membuat bermain catur dapat meningkatkan kreativitas seseorang.

Wah permainan catur ini sangat banyak sekali manfaatnya Sahabat Sehat. Manfaat yang didapat sangat banyak dan juga mengasyikkan membuat banyak orang bisa menghabiskan banyak waktu dengan bermain catur. Terlebih lagi catur ini bisa dimainkan di handphone, sehingga seseorang bisa bermain kapan dan dimana pun, bahkan kamu sambil rebahan pun bisa kok bermain catur.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Muhammad Alif Fiandra

Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *