• February 26, 2024

Ide Olahan MPASI Teri Nasi Bergizi

Bagi Sahabat Sehat yang butuh ide makanan untuk si kecil, mungkin bisa coba MPASI teri nasi. Usia anak yang semakin bertambah harus diiringi dengan konsumsi energi, protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang lebih banyak dan beragam. 

teri nasi untuk MPASI bisa jadi alternatif untuk sumber protein, zat besi, dan kalsium yang berperan penting untuk pertumbuhan. Memang penting untuk mengkonsumsi segala jenis protein, baik protein hewani maupun nabati. Namun, protein dari sumber hewani memiliki asam amino yang lengkap dan mudah dicerna. 

menus MPASI ikan teri
Foto: Freepik.com

Ide Olahan MPASI Teri Nasi

Teri nasi merupakan salah satu jenis teri yang ukurannya lebih kecil daripada teri jengki atau teri medan. Jika teri jengki berwarna silver, teri nasi berwarna putih seperti nasi. Biasanya teri ini digunakan untuk campuran bakwan, pepes, perkedel teri nasi, dan lain sebagainya.

Sementara itu, bahan teri nasi untuk MPASI bisa menggunakan teri nasi basah atau kering yang nantinya direndam dulu. Sementara itu tekstur MPASI tetap menyesuaikan usia, anak 6 bulan atau 7 bulan menggunakan tekstur lumat atau lunak, setelah 11 bulan baru dikenalkan dengan tekstur semi padat.  

Contoh MPASI menggunakan teri nasi, yaitu bubur nasi yang lumat dengan tambahan olahan rebusan teri nasi dan tahu dengan bumbu dasar kuning yang jika sudah matang  diblender hingga halus, kemudian campur dengan bubur. Selain itu, teri nasi bisa dikombinasikan dengan ikan lain, semacam mangut lele.

Bisa juga buat semacam pepes tahu dan teri nasi yang lembut. Penting juga untuk tambah sayur, misal bayam, wortel, jagung manis, atau brokoli.  Jadi, cara olahnya sama, tumis bumbu, rebus bahan utama dan bumbu, kemudian rebusan teri nasi dan bahan lain dibuat jadi tekstur lumat atau lunak. 

menu teri
Foto: Pexels.com

Kandungan Gizi dan Manfaat MPASI Teri Nasi

Menurut Daftar Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram teri nasi kering mengandung energi 144 Kkal, lemak 0,6 gram, dan protein 32,5 gram yang mana lebih tinggi daripada 100 gram ikan lele. Protein bermanfaat untuk memperkuat tulang, membantu pertumbuhan anak dan bantu jaga kekebalan tubuh. 

Selain itu, teri nasi memiliki vitamin A 61 mg. Mineral kalsium dan fosfor sama, sekitar 1000 mg, dan zat besi 3 mg. zat besi bermanfaat untuk mencegah anemia dan membantu perkembangan sistem saraf, sedangkan kalsium dan fosfor untuk pertumbuhan, serta memelihara tulang dan gigi.

Tahukah kamu? Protein yang anak usia 6-11 bulan sekitar 15 gram dan 1-3 tahun sekitar 20 gram. Jadi, pembuatan MPASI teri nasi, tidak perlu menggunakan 100 gram teri untuk sekali makan, Sahabat Sehat bisa menggunakan secukupnya kemudian kombinasikan dengan sumber protein nabati. 

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Putri Yulianingtyas

Lulusan Diploma Tiga Gizi, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *