• March 3, 2024

Efek Samping Makan Bawang Merah Mentah

Apakah Sahabat Sehat sering mengonsumsi bawang merah untuk lalapan? Selain digunakan sebagai bumbu atau diolah menjadi bawang goreng, bawang merah juga sering dikonsumsi dalam bentuk mentah untuk lalapan. Irisan bawang merah mentah bisa dicampur dengan kecap dan cabai untuk membuatnya menjadi sambal.

Bagi yang menyukainya, rasa makanan menjadi lebih nikmat. Akan tetapi, tahukah kamu jika berlebihan mengonsumsi bawang merah mentah bisa menimbulkan beragam risiko gangguan kesehatan?

bawang merah mentah
Foto: Freepik.com

Perut Kembung

Di samping beragam manfaat bawang merah untuk kesehatan, mengonsumsi bawang merah terlalu banyak dalam bentuk mentah justru menimbulkan risiko kesehatan. Salah satunya adalah perut kembung. Hal ini disebabkan oleh senyawa karbohidrat di dalam bawang merah yang menyebabkan perut sebagian orang menjadi mengandung gas.

Heartburn

Makan terlalu banyak bawang merah yang mentah bisa menyebabkan produksi asam berlebih yang akan mengganggu pencernaan. Sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Gastroenterology juga memaparkan bahwa orang yang mengonsumsi bawang berlebihan cenderung mengalami masalah pencernaan. Mengonsumsi bawang merah yang mentah ini memperparah sensasi panas (heartburn) pada penderita gangguan asam lambung.

Heartburn adalah rasa nyeri di dada, di mana kondisinya adalah merasakan sensasi terbakar dan rasa sakit yang luar biasa di dada. Hal tersebut terutama terjadi saat asam yang berada di lambung mengalir ke atas kerongkongan.

Alergi

Risiko berikutnya adalah menimbulkan reaksi alergi bagi seseorang yang mempunyai alergi pada bawang merah atau tidak mampu menoleransi bawang merah. Adanya intoleransi tersebut menyebabkan timbulnya reaksi alergi. Beberapa reaksi alergi yang ditimbulkan, meliputi mual, kemerahan di kulit dan mata, kulit gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan mulut, dan kesemutan.

bawang merah mentah
Foto: Pexels.com

Menurunkan Tekanan Darah

Bawang merah merupakan sumber kalium yang sangat baik untuk melemaskan pembuluh darah, sehingga meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Hal ini bisa mengatur tekanan darah, sehingga mengurangi risiko hipertensi.

Akan tetapi, jika berlebihan akan justru menyebabkan tekanan darah menurun secara drastis. Penurunan tekanan darah ini menyebabkan kelelahan, mual, dan pandangan kabur. Oleh karena itu, seseorang yang memiliki tekanan darah rendah lebih baik membatasi jumlah konsumsi bawang merah.

Membuat Bau Mulut Kurang Sedap

Perhatikanlah napasmu setelah mengonsumsi bawang merah. Baunya kurang sedap, bukan? Semakin banyak bawang merah yang dikonsumsi, maka semakin menyengat bau yang ditimbulkan.

Ini disebabkan karena bawang merah mengandung sejumlah zat belerang. Sebagai solusinya, batasi asupan bawang merah dan segeralah menetralisir baunya dengan menyikat gigi, menggunakan penyegar mulut, dan mengonsumsi makanan lain.

Segala sesuatu yang berlebihan itu tentu tidak baik, termasuk saat mengonsumsi bawang merah mentah untuk lalapan. Gunakan secukupnya saja dan jangan terlalu sering. Bagi Sahabat Sehat yang mempunyai riwayat alergi makanan, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah aman untuk mengonsumsi bawang merah mentah.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Yuan Adelintang Kurniadita

Saya adalah mahasiswi Magister Sains Manajemen, UGM, dan sudah berpengalaman sebagai content writer freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *