• March 3, 2024

Diet Nordik, Konsumsi Serat Lebih Banyak

Saat ini diet sangat banyak jenisnya, mulai dari menghindari konsumsi karbohidrat, pangan hewani dan lain-lain. Salah satunya diet Nordik yang berfokus pada konsumsi makanan utuh. Diet yang juga dikenal sebagai diet Skandinavia ini bermula di wilayah Nordik seperti Norwegia, Denmark, Swedia, Finlandia dan Islandia.

Pola makan Nordik memprioritaskan makanan yang utuh daripada makanan olahan, sebagian besar berbasis tumbuhan, dan menekankan makan pangan lokal, pangan musiman, dan berkelanjutan. Pedoman gizi di negara merekomendasikan produk susu dan ikan rendah lemak, dan menyarankan untuk membatasi daging olahan, daging merah, tambahan gula dan garam, serta minuman alkohol.

diet nordik
Foto: Freepik.com

Apa saja yang disarankan dan perlu dihindari?

Dalam diet Nordik disarankan untuk konsumsi lebih banyak makan buah, sayuran dan bila memungkinkan yang organik. Lebih banyak makan biji-bijian, sayuran dan buah merupakan sumber serat yang cukup tinggi, konsumsi makanan hasil laut, sungai maupun danau. Konsumsi daging dengan berkualitas tinggi dalam jumlah sedikit. Kurangi konsumsi makanan olahan dan konsumsi sedikit gula, serta perbanyak konsumsi makanan yang dibuat di rumah, dan kurangi limbah makanan.

Makanan yang perlu dihindari saat menjalankan diet Nordik yaitu makanan yang ditambahkan gula, daging olahan, makanan tinggi garam, makanan cepat saji dan miinumana manis. Selain makanan yang tinggi lemak jenuh dan tinggi gula dapat menyebabkan peradangan pada tubuh sehingga menyebabkan tubuh menjadi stres.

diet nordik
Foto: Feepik.com

Manfaat diet Nordik

Ada beberapa manfaat yang didapatkan dari penerapan diet ini, yaitu dapat menurunkan tekanan darah. Salah satu artikel dalam International Journal of Nutrition Sciences yang diterbitkan pada tahun 2019, menemukan bahwa diet Nordik mampu menurunkan kadar kolesterol total dan jenis kolesterol tidak sehat, serta membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, dien ini mampu mengurangi peradangan, mengurangi resiko diabetes tipe 2, kanker dan penyakit jantung. Pada Juni 2018 di BMC Medicine dipublikasikan hasil studi yang menemukan bahwa diet Nordik dikaitkan dengan risiko serangan jantung yang lebih rendah. Juga, berpengaruh dalam penurunan kolesterol dan membantu mempertahankan berat badan yang ideal.

Sahabat Sehat, kamu bisa mulai mencoba diet nordik ini dengan banyaknya manfaat yang akan didapatkan. Dan cocok untuk kamu yang menderita kolesterol dengan mengkonsumsi pangan tinggi serat dapat membantumu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Neta Mustikasari

Mahasiswa ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *