• March 3, 2024

Cuaca Panas? Cegah Dehidrasi dengan 5 Hidangan Ini

Belakangan ini, cuaca panas melanda Indonesia akibat dinamika atmosfer yang tidak biasa dan terjadinya gelombang panas. Cuaca panas tentu menyebabkan tubuh mudah lelah dan rentan mengalami dehidrasi. Kondisi ini harus menjadi perhatian agar tidak mengurangi kesehatan tubuh akibat kekurangan cairan.

Menurut Natalia Desy Putriningtyas, Ahli Gizi Universitas Negeri Semarang, kebugaran tubuh di tengah cuaca panas dapat terjaga jika mengonsumsi cairan minimal 2,5—3 L/hari. Hal tersebut karena laju produksi keringat mencapai 1,5—2,5 L per hari dalam kondisi lingkungan panas dan kelembaban tinggi. Oleh karena itu, selain mengonsumsi air putih, Sahabat Sehat perlu mengonsumsi asupan sehat ini agar tubuh tetap terhidrasi.

salad buah
Foto: Pexels.com

Buah dan Sayuran Segar

Buah-buahan segar adalah asupan sehat pertama yang direkomendasikan saat cuaca panas. Buah yang dianjurkan adalah yang mengandung banyak air, seperti melon, semangka, pepaya, jambu, anggur, jeruk, stroberi, dan ceri. Selain buah, kamu juga bisa mengonsumsi sayuran hijau. Mengonsumsi buah dan sayur mampu menghidrasi, sekaligus memenuhi kebutuhan vitamin dan serat yang menjaga tubuh tetap fit ditengah terpaan cuaca panas

Smoothie

Jika ingin varian lain dalam menikmati buah, kamu bisa membuat smoothie. Sahabat Sehat bisa mengkombinasikan beberapa buah untuk diolah menjadi smoothie. Tambahkan juga yoghurt atau susu untuk menambah kandungan gizi yang bisa membantu tubuh tetap bugar dan terhindar dari dehidrasi.

Salad Buah dan Salad Sayur

Salad buah adalah cara lain mengonsumsi buah yang nikmat dan menyegarkan. Makanan ringan ini bisa dijadikan camilan sehat dan cocok sekali dikonsumsi saat cuaca panas. Campurkan berbagai buah yang banyak mengandung air, seperti anggur, kiwi, stroberi, melon, dan apel. Tambahkan sedikit madu, yoghurt, atau salad dressing sesuai selera untuk menambah rasanya.

Selain buah, salad sayur juga sangat direkomendasikan. Saat kamu bosan dengan olahan sayur yang itu-itu saja, membuatnya menjadi salad bisa menjadi solusi. Pastikan untuk memilih sayur segar yang sudah dicuci bersih. Kamu bisa memadukannya dengan balsamic dressing yang punya citarasa asam.

air kelapa cegah dehidrasi
Foto: Freepik.com

Air Kelapa

Air kelapa terkenal memiliki banyak khasiatnya untuk kesehatan, salah satunya mencegah dehidrasi. Minuman isotonik alami ini sangat cocok dikonsumsi saat cuaca panas untuk menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

Memperhatikan asupan makanan segar saat cuaca panas memang sangat dianjurkan. Upayakan tubuhmu tetap terhidrasi agar aktivitas tetap lancar dan terhindar dari berbagai keluhan kesehatan. Perlu diingat juga untuk menghindari makanan berminyak dan makanan kering.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Yuan Adelintang Kurniadita

Saya adalah mahasiswi Magister Sains Manajemen, UGM, dan sudah berpengalaman sebagai content writer freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *