• March 3, 2024

Buah Lerak, Bahan Pembuat Sabun Eco-Freindly

Buah lerak yang terlihat mirip seperti jenis kacang-kacangan ini memang bukan buah yang umum diketahui oleh banyak orang. Meskipun begitu, buah ini dapat diolah jadi sabun, loh! Lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

sabun buah lerak
Foto: Pixabay.com

Buah Lerak, Si Detergen Tradisional

Buah lerak juga dikenal dengan lampiran atau rerek, biji buahnya sering digunakan sebagai deterjen tradisional. Buah ini termasuk kedalam sub famili Sapindoideae, bergenus Sapindus dengan nama spesies Sapindus rarak DC. Ciri dari tanman lerak yaitu memiliki tinggi pohon 8-40 m dengan diameter batang 1 m, daun majemuk menyirip ganjil, anak daun berbentuk lanset dan menghasilkan buah bangun bulat yang keras.

Biji dari buah lerak sebenarnya sudah digunakan sejak dulu sebagai buah yang dijadikan bahan pencuci perhiasan. Bukan hanya itu, buah ini juga sangat terkenal untuk digunakan mencuci kain batik.

Kandungan dan Pemanfaatannya Sebagai Sabun

Buah lerak mengandung senyawa aktif, di antaranya saponin sebesar 12%. Saponin merupakan senyawa alkaloid beracun yang biasa digunakan dalam pembuatan sabun. Senyawa ini berfungsi sebagai surfaktan alami yang merupakan bahan pembusa, juga sebagai pelarut, kondisioner, pembersih, dan pengental. Senyawa aktif lainnya yaitu alkaloid sebesar 1%, triterpen 0,029% dan ateroid 0,036%.

buah lerak pengganti sabun
Foto: Flickr/Reuben C. J. Lim

Nah, kulit buah lerak juga dapat digunakan untuk menagtasi masalah kulit seperti jerawat dan kudis. Selain itu, krim buah lerak dapat diaplikasikan sebagai sampo yang dapat membantu memperindah rambut dan juga mengatasi rambut gatal.

Cara Penggunaannya

Selain menjadi bahan pembuat sabun, buah lerak juga bisa digunakan secara langsung untuk mencuci pakaian. Caranya, masukan 4 buah lerak kedalam air panas, lalu remas sampai mengeluarkan buih alami. Setelah itu, pindahkan campuran cairan yang terkandung saponin tadi ketempat cucian yang sudah diisi air.

Jika ingin menggunakan mesin cuci, Sahabat Sehat bisa memasukkan 3-5 buah lerak ke kantong kain yang tersedia pada mesin cuci. Namun, saat proses pencucian sebaiknya hindari penambahan deterjen, pelembut atau pengharum.

Setelah mengetahui manfaat tersebut, Sahabat Sehat sekarang bisa nih langsung menggunakan buah lerak sebagai pengganti sabun atau deterjen ramah lingkungan. Selamat mencoba!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Hawa, L. C., Farhanrika, N. L., & Ahmad, A. M. 2022. Utilization of Lerak Juice (Sapindus rarak DC) as Natural Surfactant in the Liquid Washing Soap Production. https://jurnal.fp.unila.ac.id/index.php/JTP/article/view/5255. Diakses 12 Juli 2023.

Narda, T. 2018. Buah Lerak, Si Buah Banyak Manfaat. https://www.cnnindonesia.com/keluarga/20180112100309-436-268337/buah-lerak-si-buah-banyak-manfaat. Diakses 13 Juli 2023.

Solikhin, A., Alfajri, M., & Hasyim, R. F. 2011. Pemanfaatan Lerak (Sapindus rarak DC) Sebagai Sabun nabati Yang Ramah Lingkungan. https://repository.ipb.ac.id/jspui/bitstream/123456789/44112/1/PKM-GT.pdf. Diakses 12 Juli 2023.

Putri, R. K., Hastuti, U. S., & Rohman, F. (2018). Daya Antibakteri Ekstrak Ethanol Buah Lerak (Sapindus rarak dc) dalam Beberapa Macam Konsentrasi Terhadap Propionibacterium acnes. https://journal.unesa.ac.id/index.php/sainsmatematika/article/view/17241. Diakses 12 Juli 2023.

About the Author

Neta Mustikasari

Mahasiswa ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *