• March 3, 2024

Boneka Tangan untuk Stimulasi Tumbuh Kembang Anak

Dunia anak-anak tentu sangat menyenangkan karena dipenuhi dengan kegiatan bermain. Ternyata, bermain mengambil peran penting dalam tumbuh kembang anak. Permainan edukatif mampu menstimulasi tumbuh kembang si kecil.

Bermain boneka termasuk kegiatan permainan imajinatif yang menarik. Kamu bisa menceritakan beragam dongeng menarik menggunakan boneka tangan. Berikut inilah peran boneka tangan dalam menstimulasi tumbuh kembang anak.

tumbbuh kemabnag anak boneka
Foto: Pexels.com

Melatih Kemampuan Komunikasi Anak

Keterampilan komunikasi anak perlu dilatih sejak dini. Saat bermain boneka tangan, orang tua dapat berperan sebagai tokoh boneka dan mengajak si kecil berbincang. Dengan cara ini, anak akan terdorong untuk menjawab pertanyaan dan menyampaikan perasaan atau pendapat mereka. Hal ini sekaligus merangsang kreativitasnya dalam menambah topik pembicaraan.

Mengasah Daya Imajinasi

Anak-anak mempunyai daya imajinasi yang kuat. Melalui permainan boneka tangan, anak bisa berperan menjadi berbagai tokoh hewan, seperti singa, kelinci, jerapah, dan sebagainya. Pada saat itu, anak akan berimajinasi sesuai tokoh yang diperankan, sehingga terbiasa berpikir kreatif. Rasa ingin tahunya juga semakin tinggi untuk lebih mengenal hal-hal terkait tokoh yang diperankan.

Meningkatkan Kemampuan Motorik

Boneka tangan sangat efektif sebagai media stimulasi. Selain melatih kemampuan komunikasi, boneka tangan juga meningkatkan kemampuan motorik anak. Bermain boneka tangan bisa melatih keterampilan motorik halus yaitu melibatkan gerakan jari tangan. Dengan demikian, keterampilan tangan bisa bertambah dan menjadi lebih mampu menggunakan sendok dan garpu untuk makan sendiri. Kemampuan memegang pensil untuk menulis juga bisa mulai diajarkan.

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Bermain peran dengan boneka tangan mampu mendorong anak untuk sering berbincang dengan boneka karakter tersebut. Kegiatan ini secara otomatis mengembangkan kemampuan bahasa yaitu menambah kosakata, menciptakan susunan kalimat baru, dan melatih mengungkapkan opini lewat kata.

Hal ini sejalan dengan hasil penelitian di Universitas Airlangga mengenai stimulasi boneka jari yang efektif meningkatkan perkembangan bahasa anak prasekolah. Setelah dilakukan intervensi dengan permainan boneka jari, seluruh anak mempunyai perkembangan bahasa dalam kategori cukup dan baik, serta ada pengaruh stimulasi boneka jari pada perkembangan bahasa anak prasekolah.

boneka tangan
Foto: Pexels.com

Meningkatkan Daya Fokus

Pada awalnya, anak akan mendengarkan dongeng yang disampaikan orang tuanya menggunakan properti boneka tangan. Sambil menyimak, mereka akan hanyut dalam cerita karena tertarik dengan boneka digunakan. Setelah itu, ajaklah ia bermain peran menggunakan boneka tangan. Aktivitas ini akan melatihnya untuk fokus.

Meningkatkan Keterampilan Sosial

Seiring dengan meningkatnya kemampuan berbahasa, keterampilan sosial juga meningkat. Dengan pandai berbicara, si kecil akan percaya diri dan terbiasa berinteraksi dengan orang lain. Anak akan membuka diri untuk berdialog, berbincang dalam waktu lama, dan mengekspresikan perasaannya.

Menanamkan Nilai Moral

Orang tua akan lebih mudah dalam menanamkan nilai moral kepada anak melalui permainan boneka tangan. Orang tua dapat mengajak anak bermain peran dengan alur cerita yang bermoral, seperti cerita rakyat, fabel, dan cerita sederhana lainnya. Anak akan tertarik, pesan moral tersampaikan, dan kedekatan emosional orang tua dengan anak juga terbentuk. Dengan ini, si kecil bisa menerapkan rasa empati, tanggung jawab, ramah, dan nilai positif lainnya, tanpa paksaan.

Boneka tangan merupakan salah satu cara efektif mengembangkan berbagai kemampuan si kecil sejak dini. Permainan edukatif ini mengajarkan banyak hal dalam satu waktu. Kreativitas orang tua juga dilatih dalam permainan ini. Oleh karena itu, berproseslah bersama anak dan ciptakan momen seru untuk menyaksikan setiap tumbuh kembang anak.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Yuan Adelintang Kurniadita

Saya adalah mahasiswi Magister Sains Manajemen, UGM, dan sudah berpengalaman sebagai content writer freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *