• March 3, 2024

Benarkah Cottage Cheese Baik bagi Kesehatan?

Sahabat Sehat, video mengenai keunggulan cottage cheese marak di media sosial, khususnya di TikTok, menyatakan bahwa jenis keju ini lebih sehat dibanding jenis keju lain. Asumsi ini dikarenakan keju cottage memiliki kalori rendah dan kandungan protein tinggi. Namun, apakah benar begitu?

kandungan gizi cottage cheese
Foto: Pexels.com

Apa itu cottage cheese?

Cottage cheese memiliki tekstur lembut dan creamy. Cottage cheese dianggap sebagai keju segar, karena tidak tidak mengalami proses pemeraman untuk mengembangkan flavor. Sehingga, keju ini memiliki flavor yang sangat ringan dibandingkan dengan keju yang mengalami pemeraman. Keju cottage terbuat dari dadih susu sapi yang dipasteurisasi dengan berbagai tingkat, termasuk susu tanpa lemak, rendah lemak, atau susu sapi biasa.

Proses Pembuatan Cottage Cheese

Pembuatan cottage cheese cukup sederhana. Home-made cottage cheese dimulai dengan mengentalkan susu dan menambahkan zat asam, seperti air jeruk nipis atau cuka, ke dalam susu hangat. Ketika keasaman susu meningkat, dadih protein kasein terpisah dari whey (bagian cair dari susu).

Setelah dadih mengeras, dipotong-potong dan dimasak sampai lebih banyak uap air dilepaskan. Kemudian, dicuci untuk mereduksi keasaman dan dikeringkan untuk mereduksi kelembapan. Dadih yang dihasilkan berasa manis dan lembut. Bila ingin menambahkan flavor pada produk jadi dadih, bisa menambahkan krim, garam, dan rempah.

cottage cheese
Foto: Pexels.com

Kandungan Gizi

Cottage cheese memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan kaya akan vitamin B12, yang memainkan peran penting dalam mencegah anemia. Kandungan gizi lain dalam cottage cheese adalah kalium, fosfor, dam selenium. Satu porsi keju cottage rendah lemak mengandung  185 kalori, 25 g protein, 2,7 g total lemak (1,4 g lemak jenuh), 11 g karbohidrat, 9 g gula, dan 136 mg potasium.

Konsumsi Cottage Cheese

Cottage cheese kaya akan protein, sehingga direkomendasikan untuk program diet dan juga dapat membantu meningkatkan massa otot. Penelitian tahun 2012 memantau individu-individu yang mempertahankan pola makan berprotein tinggi seperti cottage cheese selama 1 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa diet tinggi protein membantu menurunkan berat badan rata-rata 2,8 kg, pada perempuan dan 1,4 kg pada laki-laki.

Selain itu, asupan protein yang tinggi, seperti kasein dalam cottage cheese membantu meningkatkan rasa kenyang. Keju ini populer di kalangan atlet dan orang yang berolahraga, karena kandungan proteinnya yang tinggi. Oleh karena itu, keju cottage sering dimasukkan sebagai menu yang membantu membangun massa otot.

Ngga boleh dikonsumsi berlebih

Meski memiliki efek positif bagi kesehatan seperti membantu menurunkan berat badan dan membangun massa otot, konsumsi cottage cheese juga perlu diwaspadai. Qi Sun, profesor di Departemen Gizi dan Departemen Epidemiologi Harvard, T.H. Chan, dalam artikel dipublikasikan pada 30 Juni melalui CNBC menyatakan meski cottage cheese mengandung zat gizi seperti vitamin dan kalsium, keju juga memiliki kadar natrium dan lemak yang tinggi dan merekomendasikan konsumsi secara moderat.

Hal ini didukung oleh Eric Rimm, Profesor Epidemiologi, yang menyatakan kadar natrium yang tinggi dalam cottage cheese berefek negatif bagi kesehatan. Konsumen disarankan untuk membeli jenis yang rendah lemak dan tidak mengandung gula tambahan.

Sahabat Sehat, apakah kamu salah satu penggemar cottage cheese? Bila iya, konsumsi dengan bijak ya sehingga kamu tetap bisa memperoleh manfaatnya.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Harvard Chan. 2023 Is cottage cheese healthy?. https://www.hsph.harvard.edu/news/hsph-in-the-news/is-cottage-cheese-healthy/. Diakses 25 Juli 2023.

Kohanmoo A, Faghih S, Akhlaghi M. Effect of short- and long-term protein consumption on appetite and appetite-regulating gastrointestinal hormones, a systematic review and meta-analysis of randomized controlled trials. Physiol Behav. 2020 Nov 1;226:113123. doi: 10.1016/j.physbeh.2020.113123. Epub 2020 Aug 5. PMID: 32768415.

Marengo, K. 2019. The Pros and Cons of the Cottage Cheese Diet. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/cottage-cheese-diet. Diakses 25 Juli 2023.

Mickstar, C. 2023. Cottage Cheese: Are There Health Benefits?. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-cottage-cheese. Diakses 25 Juli 2023.

Ostrowska L, Stefańska E, Jastrzebska M, Adamska E, Wujek A, Waszczeniuk M. Ocena wpływu zmiany nawyków zywieniowych na wybrane parametry metaboliczne u osób otyłych redukujacych mase ciała [Effects of dietary habits modifications on selected metabolic parameters during weight loss in obese persons]. Rocz Panstw Zakl Hig. 2012;63(1):83-90. Polish. PMID: 22642074.

Richter, A. 2023. Why Cottage Cheese Is Super Healthy and Nutritious. https://www.healthline.com/nutrition/cottage-cheese-is-super-healthy. Diakses 25 Juli 2023.

About the Author

Setyaning Pawestri, S.Pi, M.Si

Dosen Ilmu dan Teknologi Pangan, FATEPA, Universitas Mataram. Lulusan Teknologi Hasil Perikanan, Universitas Gadjah Mada dan Ilmu Pangan, Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *