• February 24, 2024

Apakah Gulai Menyebabkan Kolesterol Tinggi? Simak Penjelasannya

Fimela.com, Jakarta Gulai adalah masakan yang terbuat dari santan. Santan sering dijadikan sebagai bahan makanan yang sering digunakan dalam masakan tradisional di Indonesia. Namun, belakangan ini muncul kemungkinan bahwa santan dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

Sebenarnya, santan mengandung lemak jenuh yang tinggi, dan kandungan lemak jenuh ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, konsumsi santan dalam jumlah yang berlebihan memang sebaiknya dihindari, terutama bagi mereka yang sudah memiliki riwayat kolesterol tinggi atau penyakit jantung.

Namun, hal ini bukan berarti mengonsumsi gulai dengan santan secara langsung menyebabkan kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk pola makan secara keseluruhan, gaya hidup, dan faktor genetik. Konsumsi santan dalam jumlah yang wajar (sesuai dengan anjuran ahli gizi) tidak akan langsung menyebabkan kolesterol tinggi. Agar tidak terkena kolesterol tinggi, berikut resep gulai yang rendah kolesterol:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *