• March 3, 2024

Apa Saja Gejala Kanker Lambung yang Perlu Kamu Waspadai?

Kanker lambung merupakan penyakit yang tergolong cukup berat. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari gejala kanker lambung itu sendiri. Gejala kanker lambung yang dibiarkan begitu saja dan tidak dideteksi lebih awal akan menjadi parah di kemudian hari.

Oleh karena itu, kali ini Bumame akan mengulas tentang gejala kanker lambung yang wajib kamu pahami!

Berbagai Gejala Kanker Lambung

Ciri kanker lambung sulit sekali terdeteksi di tahap awal. Banyak orang sering mengira gejala yang muncul adalah masalah pencernaan biasa. Ketika sudah memasuki stadium yang cukup serius, barulah kanker lambung akan menunjukkan gejala yang berat.

Inilah beberapa contoh tanda kanker lambung yang sering diabaikan:

1. Sensasi Terbakar di Dada

Rasa panas mirip terbakar di dada atau dikenal sebagai heartburn sering dikenal sebagai gejala asam lambung yang sedang naik. Padahal, mengalami heartburn terlalu sering tidak bisa diabaikan begitu saja. Sebab, heartburn merupakan salah satu dari gejala awal kanker lambung.

2. Sulit untuk Menelan

Kanker perut dapat menyebabkan kesulitan menelan ketika tumor menyumbat atau menyempitkan saluran kerongkongan. Kondisi sulit menelan disebut juga dengan istilah disfagia. Di samping kanker lambung, disfagia bisa menjadi indikasi masalah kesehatan lain seperti kanker esofagus atau kanker kepala dan leher.

3. Kehilangan Nafsu Makan

Kehilangan nafsu makan bisa terjadi karena beberapa faktor seperti infeksi, penyakit inflamasi usus, masalah psikologis, atau efek samping dari pengobatan tertentu. Namun, jika kehilangan nafsu makan disertai dengan gejala lain seperti nyeri perut, mual dan muntah, kemungkinan gejala tersebut disebabkan oleh kanker lambung.

4. Berat Badan Turun Drastis

Karena nafsu makan menurun, maka penderita kanker pun pada akhirnya akan mengalami penurunan berat badan secara drastis. Kondisi ini disebut dengan istilah cachexia. Riset menunjukkan hingga 80 persen orang dengan kanker stadium akhir biasanya akan mengalami cachexia.

5. Kulit Menguning

Kulit dan mata menguning merupakan efek samping yang ditimbulkan dari kanker lambung. Jika gejala ini sudah muncul disertai dengan gejala kanker lambung yang lain, itu tandanya kanker sudah menyebar sampai ke bagian liver.

6. Sakit Perut

Merasa sakit perut adalah salah satu tanda kanker perut yang paling umum. Sakit perut yang dikarenakan kanker lambung awalnya hanya sakit perut ringan yang berlangsung terus-menerus hingga rasa sakit yang parah. Rasa nyeri dan tidak nyaman umumnya terjadi di area perut bagian atas.

7. BAB Berdarah

Dalam kondisi yang cukup parah, penderita kanker lambung akan mengeluarkan darah ketika buang air besar. Tak jarang, warna tinja pun menjadi agak kehitaman karena bercampur dengan darah. Kondisi buang air besar dengan pendarahan secara terus-menerus bisa menyebabkan penderita kanker lambung mengalami anemia.

8. Kembung

Kanker dapat membuat dinding lambung menjadi sangat kaku dan mengurangi kapasitasnya untuk menyimpan makanan. Dalam kasus ketika kanker sudah terlanjur menyebar ke lapisan perut, maka penumpukan cairan di dalam rongga perut pun akan terjadi. Inilah yang menyebabkan kembung berlebihan pada penderita kanker lambung.

Orang yang Berisiko Mengidap Kanker Lambung

Kanker lambung bisa dipicu berbagai macam hal, mulai dari asap rokok sampai pola hidup tak sehat. Namun demikian, ada beberapa jenis orang yang memiliki risiko kanker lambung cukup tinggi. Berikut orang yang berisiko mengidap kanker lambung menurut Yale Medicine:

  • Berjenis kelamin pria
  • Berumur di atas 60 tahun
  • Perokok aktif
  • Mengonsumsi alkohol
  • Sering mengonsumsi makanan tinggi garam
  • Jarang mengonsumsi sayur dan buah
  • Penderita obesitas

Apa yang Perlu Dilakukan Jika Mengalami Gejala Kanker Lambung?

Studi dari American Society of Clinical Oncology (ASCO) menjabarkan jika kanker bisa didiagnosis dan diobati sebelum menyebar ke luar lambung, maka tingkat harapan hidup selama 5 tahun ke depan adalah 70 persen. Itulah sebabnya kanker lambung perlu didiagnosis sedari dini.

Jika kamu terlalu sering mengalami gangguan pencernaan serta termasuk jenis orang yang berisiko mengalami kanker lambung, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan pemeriksaan. Skrining dini bisa meningkatkan peluang penderita kanker lambung untuk sembuh serta memudahkan pengobatan.

Bumame menyediakan layanan tes darah untuk kanker lambung dengan teknologi GASTROClearâ„¢. Dengan pemeriksaan ini, kamu dapat mengetahui seberapa tinggi risikomu mengidap kanker lambung. Sehingga bisa melakukan tindakan preventif sejak dini untuk meminimalisir kemungkinan risiko kanker lambung. Kamu pun dapat berkonsultasi gratis dengan dokter terlebih dahulu sebelum menjalani pemeriksaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *