• March 3, 2024

Air Purifier, Bantu Kurangi Polusi Udara dalam Ruangan

Kualitas udara di Indonesia terutama di wilayah Jabodetabek saat ini termasuk kota dengan kualitas udara yang berpolusi. Sudah diketahui, polusi udara akan berdampak pada kesehatan, terutama kesehatan paru-paru.

Kualitas udara di kota besar paling berpolusi yang dilansir dari IQAir pada tanggal 26 Agustus 2023, Indonesia berada pada ranking ke dua setelah Saudi Arabia dengan kualitas udara terburuk, nilai AQI US Indonesia yaitu 143, termasuk kedalam kualitas udara yang tidak sehat bagi kelompok yang sensitif.

Banyak yang mengatakan bahwa penggunaan air purifier bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi polutan di udara. Lebih jelasnya, yuk simak artikel di bawah ini!

air purifier
Foto; Freepik.com

Air purifier

Air purifier adalah alat pembersih udara portabel yang dirancang untuk menyaring udara didalam satu ruangan. Alat pembersih udara akan menarik udara dalam ruangan dan mengarahkannya melalui filter.

Filter mengumpulkan polutan dan mendorong udara bersih kembali ke dalam ruangan. Beberapa pembersih udara dirancang untuk menghilangkan kontaminan tertentu seperti debu, jamur, atau bulu hewan peliharaan. Juga membantu menyaring asap atau bau tidak sedap di ruangan.

Bagaimana cara kerjanya?

Terlepas dari perbedaannya, alat pembersih udara portabel umumnya bekerja dengan cara yang sama. Alat tersebut menggunakan kipas angin untuk mengalirkan udara melalui satu atau lebih filter, menahan berbagai kontaminan, dan kemudian mensirkulasikan kembali udara bersih ke dalam ruangan.

Berat pembersih udara portabel bervariasi, tetapi biasanya dapat dipindahkan dari satu ruangan ke ruangan lain. Beberapa bisa dipasang di dinding. Bahkan ada versi wearable dan desktop.

mini air purifier
Foto: Flickr/HS You

Efektifitas menggunakan air purifier

Efektifitas air purifier tergantung pada beberapa faktor, yaitu jenis kontaminan di ruangan, ventilasi yang ada diruangan tersebut, ukuran ruangan, jenis dan jumlah filter yang digunakan pembersih udara tingkat  Clean Air Delivery Rate (CADR). JUga, diperngaruhi seberapa konsisten cara mengendalikan sumber kontaminasi dan penggunaan air purifier itu sendiri.

Air purifier yang memiliki filter High-Efficiency Particulate Air (HEPA) dapat lebih efektif menyaring berbagai jenis ukuran polutan dengan tingkat penyaringan yang cukup tinggi. Filter HEPA berbentuk jaring berlapis-lapis dan terbuat dari benang fiberglass yang sangat halus.

Namun, air purifier ini tidak dapat menghilangkan 100% polutan, hanya meminimalisir paparan polusi udara dalam skala tertentu. Selain itu, itu menutup ventilasi di ruangan juga dapat mengoptimalkan polusi udara yang tersaring oleh air purifier.

Jadi, dapat disimpulkan penggunaan air purifier akan membantu mengurangi polusi udara di dalam ruangan. Bersihkan air purifier secara rutin untuk mengoptimalkan kerja filter untuk menyaring polutan.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Neta Mustikasari

Mahasiswa ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *