• March 3, 2024

Afirmasi Positif, Booster untuk Suksesan Belajar

Kesuksesan dalam belajar menentukan masa depan, oleh karena itu diperlukan semangat dan konsistensi dalam proses belajar agar meraih kesuksesan. Seorang pembelajar memerlukan dorongan dalam dirinya untuk melakukan itu semua.

Memberikan afirmasi positif atau pernyataan positif dan membangun mampu menyingkirkan pikiran negatif, sehingga Sahabat Sehat akan lebih semangat dalam mempelajari suatu hal. Sugesti yang terus menerus diberikan kepada diri sendiri akan terserap, masuk ke dalam pikiran dan hati, yang akhirnya menjadi kenyataan.

Manfaat Afirmasi Positif dalam Proses Belajar

Sahabat Sehat, peran afirmasi positif sangat besar dalam mendorong kesuksesan belajar untuk akhirnya mampu mencapai tujuan jangka panjang. Semua itu disebabkan karena afirmasi positif mempunyai beragam manfaat berikut.

afirmasi postif untuk tingkatkan kemampuan belajar
Foto: Pexels.com

1. Membangkitkan Semangat

Kalimat positif dan kata motivasi bisa menstimulasi keinginan dan kemauan belajar. Kebiasaan mendengar dan mengucapkan kalimat positif akan memberikan rasa tenang dan semangat menjalani proses belajar. Saat berada di lingkungan kompetitif pun, seseorang yang terbiasa menerapkan afirmasi positif akan tetap bertahan dengan kegigihannya.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Sahabat Sehat dapat mengucapkan berbagai kalimat positif untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Rasa percaya diri membuatmu berani mengambil kesempatan yang ada dan menguntungkan masa depan. Saat merasa ragu dengan kemampuan diri, segeralah yakinkan diri dengan kalimat positif dan berusahalah tenang karena semuanya akan baik-baik saja.

3. Mengurangi Ketakutan dan Kecemasan

Ketakutan dan kecemasan adalah dua hal yang sering dialami oleh setiap orang, terlebih saat berada di titik terendah. Tuntutan ataupun ambisi untuk sukses sebenarnya menjadi tekanan dalam proses belajar. Kamu jadi memikirkan banyak hal yang membuatmu semakin tertekan karena takut jika tujuan tidak tercapai. Kecemasan akan kegagalan pun muncul menyertai ketakutan tersebut.

Melalui afirmasi positif, kamu bisa menenangkan diri dan kembali yakin bahwa proses tidak mengkhianati hasil. Kamu akan fokus memperbaiki diri demi tercapainya tujuan, dibandingkan merasa cemas atau takut pada sesuatu yang belum tentu terjadi. Kamu tidak lagi fokus pada kegagalan.

afirmasi postif untuk tingkatkan kemampuan belajar
Foto: Pexels.com

Cara Melakukan Afirmasi Positif

Bagaimana cara melakukan afirmasi positif? Pertama, cobalah memikirkan kalimat positif yang ingin diulangi setiap harinya. Kamu dapat memulainya dengan kalimat motivasi, seperti “aku pasti bisa”, “aku mencintai diriku sendiri”, “aku yakin proses tidak mengkhianati hasil”, “aku percaya dengan kemampuan diri sendiri.”

Berikutnya, ucapkan kalimat yang menenangkan agar mengusir rasa takut dan cemas, seperti “aku percaya semuanya akan baik-baik saja”, “aku yakin pasti ada jalan”, “setiap usaha yang dilakukan pasti membawa hasil baik.”

Saat mencapai keberhasilan dalam proses, jangan lupa memberikan apresiasi diri agar terus semangat, seperti “aku bersyukur telah berhasil ……”, “aku telah mencapai hal baik hari ini dan semoga besok lebih baik”, “untuk diriku, terima kasih telah berjuang dengan hebat.”

Akan tetapi, saat mengalami kegagalan, tetaplah mengucapkan kalimat positif yang membangun, seperti “kegagalan bukanlah akhir dari segalanya”, “pasti ada pelangi setelah hujan”, “lebih baik gagal, daripada tidak mencoba sama sekali.”

Sahabat Sehat bisa melakukannya secara rutin. Kombinasikan pula dengan tindakan nyata, seperti butterfly hug (memeluk diri sendiri), berbicara sambil menghadap kaca, menuliskan tujuan dan target, atau sambil bersiap untuk belajar.

Afirmasi positif memberikan dampak luar biasa dalam kesuksesan belajar karena menumbuhkan dorongan dalam diri seseorang. Melakukannya secara rutin dapat memperbaiki kualitas hidup. Tujuan hidup bisa dicapai dengan kondisi mental yang terjaga.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Yuan Adelintang Kurniadita

Saya adalah mahasiswi Magister Sains Manajemen, UGM, dan sudah berpengalaman sebagai content writer freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *