• February 26, 2024

5 Gaya Hidup ini Sering Diabaikan, Padahal Bisa Memicu Kolesterol Tinggi

Beberapa makanan banyak yang mengandung lemak jenuh tinggi seperti daging merah, beberapa produk susu, minyak kelapa, dan makanan laut seperti udang dan kerang. Makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans akan berpengaruh pada tinggi nya kadar kolesterol. Namun, ada beberapa makanan yang mengandung kolesterol tinggi tetapi tidak berdampak kepada kolesterol dalam darah, seperti lemak trans dan lemak jenuh lainnya, makanan ini adalah telur.

Sebaiknya untuk mengurangi mengonsumsi beberapa makanan tinggi lemak ini, boleh saja sesekali tetapi harus diperhatikan porsinya agar tidak berlebihan.

Kurangnya aktivitas fisik

Gaya hidup selanjutnya yang bisa meningkatkan kadar kolesterol adalah kurangnya aktvitias fisik atau kurang berolahraga. Ketika seseorang jarang berolahraga atau hanya sekadar aktivitas fisik, kadar kolesterol LDL “jahat” akan meningkat, sehingga menyebabkan penyumbatan pada arteri.

Sebaliknya, kadar kolesterol HDL “baik” yang berfungsi untuk mengangkut kolesterol dari jaringan tubuh ke hati untuk dipecah dan dibuang, bisa menurun. Oleh karena itu, disarankan untuk setidaknya berjalan kaki atau olahraga lainnya selama 30  menit sehari dan lakukan 3 sampai 5 hari dalam seminggu untuk membantu menurunkan kolesterol LDL “jahat”.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *