• March 3, 2024

4 Jenis Teh yang Bermanfaat dalam Menurunkan Kolesterol Tinggi

Fimela.com, Jakarta Di dalam tubuh manusia, kolesterol sebenarnya tidak selalu bersifat buruk. Hal ini disebabkan karena tubuh juga membutuhkan kolesterol untuk bisa membangun sel, membuat vitamin, dan juga hormon lainnya. Menurut situs Kementerian Kesehatan, kolesterol dapat didefinisikan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh sel-sel dalam tubuh.

American Heart Association menyebutkan bahwa kolesterol dapat dihasilkan dari dua sumber yang berbeda, yaitu melalui hati dan makanan yang berasal dari hewan, contohnya daging, telur, keju, dan susu. Seperempat dari kolesterol yang dihasilkan di dalam tubuh pun diproduksi oleh sel-sel hati.

Kolesterol dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu kolesterol baik dan jahat. Kolesterol baik disebut juga High-Density Lipoprotein. Jika kadarnya semakin tinggi, maka dapat berdampaik baik untuk tubuh. Hal tersebut disebabkan karena HDL dapat mengangkut kolesterol untuk dikeluarkan dari aliran darah. Sebaliknya, jenis kolesterol jahat yang disebut juga sebagai Low-Density Lipoprotein dapat berbahaya untuk tubuh. Apabila kadarnya terlalu tinggi, akan terjadi penumpukan pada darah dan menyebabkan risiko penyakit jantung dan stroke. 

Jika terlalu banyak kolesterol jahat atau tidak tercukupinya kolesterol baik, maka dapat meningkatkan risiko-risiko penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Namun, ternyata ada beberapa minuman yang bisa mengurangi kadar kolesterol tersebut, salah satunya yaitu teh. Teh sendiri memiliki beberapa jenis yang berbeda dan bisa dicoba sebagai minuman herbal yang berkhasiat.

Lalu, apa saja jenis teh yang bisa kamu konsumsi untuk menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi? Simak di bawah ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *