• March 3, 2024

3 Tugas Bidan Selain Bantu Proses Melahirkan

Profesi bidan bukanlah hal asing di tengah masyarakat. Bidan kerap kali dikaitkan sebagai seseorang yang membantu proses melahirkan. Tapi ternyata tidak hanya itu loh, Sahabat Sehat. Apa sajakah peranan bidan? Yuk simak penjelasannya di bawah ini supaya kamu makin mengenal profesi kebidanan.

tugas bidan
Foto: Unsplash.com

Definisi Bidan

Secara definitif bidan adalah seorang perempuan lulusan pendidikan kebidanan dan organisasi profesi bidan yang diakui pemerintah, serta memiliki sertifikasi untuk menjalankan praktik kebidanan. Berbeda dengan perawat yang bisa dikerjakan oleh laki-laki, bidan hanya dikerjakan oleh perempuan. Tidak hanya berkutat pada membantu proses melahirkan ibu, bidan juga bisa merambah ke sektor lainnya.

Penyuluh Kesehatan

Seseorang lulusan pendidikan kebidanan memiliki ilmu dalam mengedukasi individu, keluarga, kelompok dan masyarakat mengenai penanggulangan masalah kesehatan khususnya yang berhubungan dengan kesehatan ibu, anak dan keluarga berencana, serta memberikan dukungan emosional dan fisik kepada ibu selama kehamilan dan persalinan.

Mereka membantu dalam mengatasi kecemasan, memberikan informasi yang akurat, dan menjawab pertanyaan terkait kehamilan dan persalinan. Selain itu, juga mengembangkan strategi untuk meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya kesehatan ibu dan anak.

Instruktur Kehamilan

Instruktur kehamilan dapat memberikan wawasan terkait perubahan fisik yang terjadi pada ibu hamil, mulai dari menjelaskan tahapan perkembangan dan perubahan yang terjadi pada janin seiring berjalannya kehamilan, hingga memberikan saran kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Kehamilan memiliki risiko yang sangat tinggi, sehingga ibu ingin menjaga kesehatan kesehatan untuk persalinan yang lebih tenang dan nyaman. Seorang bidan sangat paham mengenai kondisi terbaik bagi ibu hamil, termasuk membimbing penerapan pola hidup dan aktivitas yang bisa menunjang kesehatan para bumil, salah satunya melalui senam hamil.

merawat bayi
Foto: Unsplash.com

Pengasuh Bayi

Seseorang yang telah lulus pendidikan kebidanan, tentu sangat mengerti perihal bayi. Mereka dapat memastikan bahwa bayi menerima perawatan yang tepat, sesuai dengan kebutuhan kesehatannya. Seseorang akan sangat lebih percaya terhadap orang yang memiliki latar belakang ilmu kebidanan perihal masalah kesehatan ibu dan anak.

Dengan adanya tenaga ahli, orang tua dapat lebih siap dalam menghadapi fase tumbuh kembang anaknya. Selain merawat bayi, bidan juga dapat memberikan dukungan dan konseling kepada orang tua. Mereka dapat membantu dalam mengatasi kecemasan atau kekhawatiran yang terkait dengan perawatan bayi, memberikan saran tentang penyesuaian sebagai orang tua.

Sahabat Sehat itu tadi peranan bidan selain terjun dalam proses persalinan. Bidan juga menjadi salah satu agen yang memliki peran penting dalam peningkatan kesehatan masyarakat.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Muhammad Alif Fiandra

Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *